Green canyon Pangandaran sebenarnya lebih dikenal dengan nama Cukang Taneuh oleh masyarakat sekitarnya. Lokasi dari tempat ini ada di Cijulang, Ciamis. Lokasinya hanya berkisaran kurang lebih 31 km dari Pangandaran.

Sebenarnya asal mula dari Green Canyon Pangandaran ini ketika ada salah seorang tulis Perancis yang datang di Tahun 1993.

Alasan dia mengatakan tempat ini sebagai Green Canyon adalah karena tempat ini memiliki air yang jernih kehijauan dengan air sungai dan lumut yang cukup banyak di sisi tebing akhirnya dia menyebut tempat ini menjadi Green Canyon.

Sedangkan dari penduduk lokal menyebut tempat ini sebagai Cukang Taneuh yang memiliki makna sebagai jembatan tanah.

Hal ini disebabkan karena di atas lembah dan jurang yang ada di Green Canyon ini terdapat sebuah jembatan dari dataran tanah yang akan digunakan oleh para petani setempat untuk mereka bisa menuju ke kebun mereka.

Sebenarnya Green canyon sendiri sebenarnya bukan hanya memiliki arti sebagai jembatan tanah, namun juga memiliki keindahan alam yang sangat memikat untuk semua orang yang datang.

Sehingga tak heran jika saat ini hampir setiap harinya selalu saja ada yang datang. Terutama ketika weekend, Green Canyon Pangandaran ini sama sekali tidak pernah mengalami sepi pengunjung.

Lokasi Green Canyon Pangandaran

Sebenarnya, untuk menuju ke lokasi Green Canyon ini tidaklah sulit, mengingat tempat wisata ini bukanlah tempat wisata yang baru.

Ketika menuju ke sana, Anda akan menemukan banyak sekali petunjuk untuk menuju ke lokasi wisata ini. Wisata ini berada di kawasan Desa Kertayasa, Cijulang, Kabupaten Ciamis.

Jika Anda datang dari Kota Pangandaran maka lokasinya hanya berjarak kurang lebih 31 km.

Untuk rute agar Anda bisa sampai ke Green Canyon Pangandaran ini sendiri memang sangat mudah.

Untuk wisatawan yang berada di luar Jawa Barat sebenarnya bisa langsung menggunakan transportasi udara dan darat dengan tujuan utamanya adalah Bandung.

Setelah sampai di Bandung maka untuk bisa sampai ke Lokasi ini maka Anda bisa mengambil bus yang mengarah ke rute Pangandaran.

Setelah sampai di Terminal Pangandaran maka Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi mini bus hingga ke terminal Cijulang.

Dan ketika Anda sudah sampai di sini maka Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau Anda bisa menyewa satu unit mobil yang bisa mengantarkan Anda menuju ke wisata Green Canyon Pangandaran ini.

Selanjutnya setelah melakukan perjalanan maka Anda akan berhenti di demaga Ciseureuh.

Dari tempat ini Anda akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu selama kurang lebih 30 hingga 45 menit untuk bisa menuju ke wisata Green Canyon Pangandaran ini.

Jam Operasional Green Canyon Pangandaran

Untuk jam operasional dari destinasi wisata ini sebenarnya sudah dibuka mulai dari jam 07.00 pagi sampai dengan jam 05.00 sore.

Sedangkan khususnya untuk di hari Jumat, wisata Green Canyon Pangandaran ini dibuka setelah Shalat Jumat jam 13.00.

Jadi, saat Anda akan menuju ke tempat ini, maka setidaknya Anda harus mencatat dengan detail jam operasionalnya sehingga Anda tidak salah waktu saat akan ke Green Canyon Pangandaran.

Tiket Masuk Green Canyon Pangandaran

Nah, jika berbicara mengenai harga tiket masuk ke Green Canyon Pangandaran ini sendiri, Anda hanya dikenakan biaya sewa perahu untuk menuju ke lokasi wisata ini saja.

Dan transportasi menggunakan perahu ini adalah transportasi dengan menggunakan perahu kayu modern yang memang sudah desain dengan sedemikan baiknya dan setidaknya bisa menampung kurang lebih 5 orang penumpang.

Transportasi perahu kayu modern ini dinamakan dengan istilah Ketiting. Di mana untuk Anda yang ingin menuju ke wisata Green Canyon Pangandaran ini hanya dikenakan biaya setiap satu kali perjalanan pulang dan pergi berkisaran harga Rp 75.000 untuk biaya per orangnya.

Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk lama perjalanan yang ditempuh dari dermaga menuju ke lokasin wisata sekitar 30 hingga 45 menit.

Sebenarnya, lama perjalanan ini sama sekali tidak akan terasa karena selama perjalanan Anda akan mendapatkan suguhan keindahan alam berupa banyaknya pepohonan yang hijau yang menjulang di sepanjang tepian sungai.

Dan jika Anda sedang beruntung, maka Anda juga bisa melihat beberapa satwa liar yang ada di sekitar sungai yang Anda lewati. Anda juga akan menelusuri aliran sungai dan menembus goa-goanya.

Aktivitas di Green Canyon Pangandaran

Sebenarnya ada banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini mulai dari foto untuk mengabadikan momen hingga melakukan aktivitas body rafting.

Body rafting sendiri adalah salah satu aktivitas berenang dengan menghanyutkan diri dari arus air dengan cara menggunakan pelampung.

Sebagai informasi umum, Air Sungai yang mengalir menuju ke Goa Green Canyon Pangandaran memang sangat jernih namun arusnya agak deras, sehingga jika Anda ingin lebih seru maka Anda bisa duduk agak ke hulu dengan jeram dan arus yang jauh lebih kuat.

Untuk Anda yang memang tidak bisa berenang juga tak perlu khawatir, karena perjalanan untuk melakukan body rafting juga akan terjamin sangat aman selama Anda memang mengikuti prosedur keamanan yang memang disarankan.

Jangan khawatir, karena di sana akan ada pemandu yang akan menemani dan mengawasi Anda sehingga Anda benar-benar siap.

Namun untuk Anda yang benar-benar tidak suka berenang, maka Anda bisa melakukan aktivitas berswafoto di tepi sungai. Di mana lokasi Green Canyon Pangandaran ini sebenarnya memiliki banyak sekali spot yang menarik untuk bisa Anda ambil foto di sana.

Namun untuk Anda yang memang sangat suka berenang maka Anda bisa mengarungi sungai hingga ke ujung di mana di sana terdapat sebuah goa yang memiliki banyak sekali kelelawar.

Karena aliran sungai ini cukup panjang, maka Anda bisa berenang dengan puas sambil mengikuti arus dari air terjun.

Selain memiliki pemandangan indah di atas permukaan laut, sebenarnya Green Canyon Pangandaran juga merupakan surga untuk mereka yang sangat suka menyelam.

Satu pemandangan yang sangat menakjubkan yang menjadi alasan mengapa Anda sangat wajib untuk mengunjungi tempat ini adalah karena memiliki cekungan yang menakjubkan di dalam air yang siap untuk Anda telusuri.

Selian itu ada banyak sekali ikan yang berenang yang membuatnya semakin sangat indah. Untuk Anda yang memang sangat suka dengan aktivitas yang menantang adrenalin maka Anda bisa meloncat dari ketinggian menuju ke lubuh yang dalam.

Tips Wisata di Green Canyon Pangandaran

Untuk Anda yang ingin menuju ke Green Canyon Pangandaran, berikut ini adalah beberapa tips dari kami:

Jalur Menuju Lokasi

Untuk menuju Green Canyon Pangandaran sebenarnya sangat mudah.

Jika dari Jakarta, Anda bisa menggunakan jalur Bandung lalu ke Tasikmalaya. Selanjutnya Ciamis, Pangandaran dan Cijualang. Ini adalah salah satu jalur umum yang digunakan. Jika dari Bandung maka jaraknya berkisar 180km.

Namun jika Anda akan menginap di Pangandaran, maka Anda bisa menggunakan jalur lainnya. Dari lampu merah Pantai Pangandaran lalu belok ke kanan menuju ke pasar Pandangaran.

Dari pasar, Anda bisa langsung belok ke kanan hingga ada plang Cijulang lalu Anda bisa belok ke kirinya. Ikuti jalan menuju je Parigi dan belik kiri ke Cijulang.

Dan patokannya adalah Rumah Makan Tirta Bahari dari sini hanya 50 meter Anda akan sampai ke dermaganya. Jangan Khawatir, jalanan di sini sudah dibeton jadi sangat mulus.

Waktu Yang Tepat untuk Berkunjung

Karena Green Canyon sendiri memang sangat populer sehingga selalu banyak sekali pengunjung yang datang, tentu saja salah satu konsekuensinya Anda harus mengantre jika ingin mendapatkan perahu.

Sehingga, untuk mengantisipasi masalah ini diusahakan untuk jangan datang saat akhir pekan, karena pada akhir pekan sendiri sebenarnya jumlah pengunjungnya benar-benar sangat banyak.

Namun jika terpaksa hanya bisa berlibur saat akhir pekan, maka sangat disarankan untuk datang lebih pagi.

Dan sebagai informasi tambahan, Green Canyon sendiri buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Jika Anda datang lebih pagi tentu saja Anda tidak akan mengantre terlalu lama.

Nah, agar Anda bisa menikmati pertualangan Anda selama di Green Canyon maka sangat disarankan untuk Anda tidak datang pada saat musim hujan.

Karena sangat besar kemungkinan pada saat musim hujan Wisata Green Canyon Pangandaran di tutup karena debit air yang mengalami peningkatan dan air juga akan berubah warna menjadi coklat.

Nah waktu yang terbaik untuk Anda datang adalah saat musim kemarau, karena air sungai akan berwarna hijau dan jernih serta jauh lebih tenang.

Ada baiknya untuk Anda menghubungi penyedia jasa paket wisata dengan tujuan untuk memastikan jika Anda bisa melaksanakan pertualangan yang menyenangkan di sini.

Siapkan Uang Tunai

Saat sebelum Anda ke Green Canyon Pangandaran, sangat disarankan untuk Anda menyiapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup.

Hal ini karena di sana tidak ada ATM atau Bank. Dan biaya masuk ke Green Canyon Pangandaran sebenarnya gratis, namun untuk menikmati keseruan yang ada maka sangat disarankan untuk Anda menyewa perahu.

Untuk itu, ada baiknya saat Anda melakukan wisata ke Green Canyon membawa rombongan sehingga bisa patungan biaya sewa perahu.

Siapkan Baju Ganti

Karena saat di Green Canyon Pangandaran Anda akan basah-bahasan, maka tak ada salahnya untuk menyiapkan pakaian ganti.

Bila Anda membawa kamera usahakan untuk membawa kamera yang juga tahan air. Anda juga tidak perlu membawa pelampung sendiri karena biasanya sudah akan disediakan oleh pemandu.

Menginap di Green Canyon Pangandaran

Jika Anda sudah puas untuk menikmati keseruan selama di Green Canyon Pangandaran, maka ada beberapa tempat menginap yang tersedia di sini.

Jarak penginapannya juga sangat dekat. Namun, jika Anda ingin suasana yang berbeda, maka Anda bisa menginap di kawasan Pantai Batu Karas yang jarangnya hanya 15 menit saja dari dermaga.

Itulah beberapa hal penting yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda akan melakukan perjalanan ke Green Canyon Pangandaran.

Jika sudah selesai, memahami beberapa hal di atas maka yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, kapan Anda akan liburan ke Green Canyon Pangandaran?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *