Sea World termasuk dalam salah satu tempat rekreasi unggulan yang ada di kompleks Ancol Jakarta Bay City, atau yang dulunya dikenal dengan Taman Impian Jaya Ancol. Namun tak hanya sebagai tempat hiburan, di Sea World kita juga bisa mendapatkan edukasi yang dikemas secara menyenangkan.

Jam Buka09.00 s.d. 18.00 WIB
Harga TiketRp115.000 (Reguler)
AlamatJalan Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara 14430
Google MapsKlik Di Sini
Kontak(021) 29 222 222

Di sana, kita bisa mengenal berbagai macam biota laut dan cara pelestariannya. Di dalam Sea World terdapat 3 zona perairan, yaitu:

  • Zona perairan tawar
  • Zona perairan pesisir atau zona laut dangkal
  • Zona perairan laut dalam

Masing-masing zona perairan memiliki biota yang berbeda-beda. Berdasarkan informasi dari situs resminya, Sea World Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan dan 1 jenis reptil, dan 11.500 ekor biota air laut yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.

Nah, biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terdiri dari 9 akuarium perairan tawar, 19 akuarium perairan laut, serta 4 kolam terbuka.

Bisa dibilang, Sea World merupakan akuarium raksasa dengan koleksi biota terbanyak di Indonesia.

Harga Tiket Masuk Sea World Ancol

Berikut adalah harga tiket masuk Sea World Ancol:

Tiket Reguler

Bundling Sea World Ancol – Ocean Dream Samudra

  • Weekday: Rp 185.000
  • Weekend: Rp 185.000

Camping Under The Sea

  • Weekday: Rp 700.000
  • Weekend: Rp 700.000

Individu Reguler

  • Weekday: Rp 115.000
  • Weekend: Rp 115.000

Tiket Annual Pass

Annual Pass Bundling Sea World Ancol – Ocean Dream Samudra

  • Weekday: Rp 300.000
  • Weekend: Rp 300.000

Annual Pass Sea World Ancol

  • Weekday: Rp 225.000
  • Weekend: Rp 225.000

Rute Menuju Sea World Ancol

Tidak sulit untuk menuju tempat wisata ini, mengingat lokasinya yang berada dalam kompleks Ancol Jakarta Bay City. Berikut saran dari kami:

Kendaraan pribadi

Apabila Anda menggunakan mobil, silakan ambil tol JORR menuju Tanjung Priok, kemudian keluar di pintu tol Ancol.

Kemudian, begitu keluar tol, ambil kanan menuju pintu gerbang Ancol dan membayar retribusi masuk. Setelah itu, ikuti papan penunjuk arah menuju Sea World.

Bus TransJakarta

Apabila Anda menggunakan Transjakarta, silakan pilih koridor 1 dan koridor 5 lalu turun di pintu gerbang Ancol. Selanjutnya, bisa menggunakan shuttle bus.

Commuterline

Kalau dari arah Bogor, ambil Commuter Line ke arah Kampung Bandan. Kalau dari Bekasi, ambil Commuter Line ke arah Stasiun Jakarta Kota. Dari arah Serpong silakan naik Commuter Line tujuan Kampung Bandan, namun harus transit sekali di Stasiun Tanah Abang.

Selanjutnya, dari Stasiun Kampung Bandan maupun Jakarta Kota, bisa diteruskan dengan angkot (mikrolet) M15 atau M15a. Keduanya berhenti di depan pintu gerbang Ancol.

Wahana di Sea World

FYI, Sea World telah berdiri sejak 3 Juni 1994 atau 25 tahun yang lalu. Meski sudah cukup lama, Sea World tetap menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang menjadi favorit banyak keluarga.

Usut punya usut, ternyata karena adanya 5 wahana atau atraksi yang menjadi daya tarik utama dari tempat rekreasi ini. Apa saja ke-lima wahana tersebut?

Touch Pool

Salah satu wahana favorit di Sea World adalah Touch Pool atau Interactive Pool. Seperti namanya, di area ini, pengunjung diperbolehkan untuk berinteraksi bahkan berfoto langsung dengan biota laut yang ada di sana.

Biota laut yang tersedia di sini tentu saja biota yang aman dan bersahabat untuk disentuh. Di area ini, terdapat 4 buah kolam terbuka yang masing-masing berisi biota yang berbeda, seperti penyu, bintang laut, dan ikan hiu.

Main Aquarium

Akuarium utama di Sea World ini sangat besar, berukuran 24m x 38m dengan kapasitas 5 juta liter air laut.

Di dalamnya terdapat ribuan ikan laut mulai dari yang berukuran kecil sampai yang besar, dari yang cantik sampai yang ganas.

Akuarium ini merupakan akuarium terbesar yang ada di Indonesia, dan akuarium air laut terbesar di Asia Tenggara, lho.

Ada 2 hal yang menjadi daya tarik utama di wahana ini, yaitu feeding show, pertunjukan di mana pengunjung dapat melihat bagaimana ikan-ikan diberi makan oleh para penyelam.

Yang kedua, bagi pengunjung yang memiliki sertifikat diving juga dapat melakukan fun dive di sini dengan membayar Rp500.000. Menyenangkan, bukan?

Jadwal Feeding Show Sea World
AtraksiWeekdayWeekend
Akuarium Utama11.00 & 15.30 WIB 11.00, 14.00 & 16.30 WIB
Moray Eel (Kerondong)14.00 WIB15.00 WIB
Touch Pool10.00, 13:30 & 17.00 WIB10.00, 13.30 & 17.00 WIB
Otter (Berang-berang)10.30 & 16.00 WIB10.30 & 16.00 WIB
Arapaima13.00 WIB13.00 WIB
Sea Turltle-14.30 WIB

Under Water Tunnel

Inilah wahana paling ikonik dari Sea World Ancol, dan tentunya mungkin kamu juga sudah tahu. Namanya adalah terowongan Antasena, terowongan bawah air sepanjang 80 meter yang berlapis kaca tebal pada bagian atasnya.

Di sini, pengunjung dapat menyaksikan secara langsung berbagai macam ikan laut berenang dari dalam air, sensasinya seolah-olah seperti menyelam padahal tidak.

Jellyfish Sphere

Wahana ini relatif lebih baru dibanding yang lain, namun tetap saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Di sini, pengunjung bisa melihat cantiknya ubur-ubur yang bercahaya berenang di dalam kegelapan.

Ada beberapa spesies ubur-ubur yang terapat di sini. Melihat mereka berenang naik turun sembari mengembang dan mengempis tentu membuatnya terlihat menggemaskan.

Glow Theater

Glow Theater adalah wahana yang menyajikan pengalaman menonton film yang berbeda dari biasanya. Tentunya film yang diputarkan tetap memenuhi unsur hiburan dan edukasi, seperti Sea Turtle Story.

Yang menjadikannya unik adalah, ketika lampu ruangan dimatikan, interior bioskop ini malah menampilkan cahaya warna-warni yang indah, yang menjadikannya alasan mengapa dinamai Glow Theater.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *