Bandung, yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia, tentunya menjadi salah satu primadona pariwisata. Ada berbagai jenis pariwisata yang bisa kita temukan di kota Bandung.

Hal inilah yang membuat orang-orang tidak pernah bosan untuk menyempatkan waktunya untuk berlibur di kota yang dijuluki dengan nama Kota Kembang ini.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pariwisata di kota Bandung sangatlah beragam. Perkembangannya juga bisa dibilang cukup pesat. Hal ini membuat ada banyak sekali tempat wisata dengan berbagai inovasi yang bermunculan.

Setiap inovasi yang ada membuat Bandung seolah tidak pernah kehilangan tempat untuk dikunjungi.

Jika Anda tertarik untuk melewatkan liburan Anda di kota Bandung ini, berikut beberapa tempat wisata di Bandung yang wajib Anda kunjungi!

Upside Down World

Upside Down World atau yang juga dikenal dengan nama dunia jungkir balik, merupakan salah satu tempat wisata andalan di Bandung. Sesuai dengan namanya, di tempat ini pengunjung bisa merasakan bagaimana rasanya berada di dunia yang terbalik.

Segala dekorasi yang ada di dalamnya memang sengaja dibuat terbalik, jadi akan sangat terlihat unik.

Saat Anda berkunjung ke tempat ini, Anda bisa mengambil berbagai gambar yang unik dan menarik. Tentunya akan sangat bagus jika Anda unggah di sosial media.

Tempat-tempat seperti ini memang sudah ada di beberapa kota besar lainnya, tetapi jika Anda sedang berada di Kota Bandung, tidak ada salahnya untuk mampir berkunjung, bukan?

Upside Down World Bandung ini bisa Anda temukan di Jalan H. Wasid No.3, Lebakgede, Coblong, Bandung.

Little Seoul Bandung / Kampung Korea

Sesuai dengan namanya, tentunya Anda sudah membayangkan jika tempat ini akan sangat memiliki nuansa Korea yang kental, bukan?

Tempat ini terletak tidak jauh dari Stasiun Bandung, yang mana hanya berjarak sekitar 3 km saja. Sesampainya di Kampung Korea, Anda akan disambut dengan nuansa Korea yang cukup kental di sana.

Anda juga bisa mencoba berbagai makanan khas Korea Selatan dan menikmati berbagai budaya khas Korea Selatan di tempat yang satu ini.

China Town

Bagi Anda yang gemar untuk mengenal lebih tentang kebudayaan di dunia, Chinatown menjadi salah satu tempat menarik di Bandung yang tidak boleh luput dari kunjungan Anda. Di tempat ini Anda bisa menyaksikan berbagai kebudayaan China dan juga makanan khasnya.

Anda bisa dengan leluasa melihat pertunjukan Barongsai, contohnya. Selain itu, tempat ini juga didesain sedemikian rupa, sehingga sangat kental dengan nuansa pecinan pada umumnya.

Anda juga bisa mengabadikan momen kunjungan Anda ke tempat ini dengan mengambil latar belakang kampung pecinan di sana. Dengan keunikan desain yang ada, pastinya foto yang dihasilkan juga akan sangat menarik dan estetik.

Jika Anda ingin berkunjung ke China Town Bandung, Anda bisa menuju ke Jl. Kelenteng No. 41, Bandung.

Kampung Dago Pojok

Siapa sangka bahwa sebuah kawasan yang tidak terawat bisa berubah menjadi destinasi wisata yang menarik?

Ya, hal itu bukanlah hal yang mustahil. Kampung Dago Pojok adalah contoh nyatanya. Pada awalnya, kawasan ini merupakan sebuah kawasan yang cukup terabaikan.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, warga sekitar mencoba untuk mengubah kampung tersebut menjadi kampung yang sangat berseni.

Kampung Dago Pojok, kini berubah menjadi kampung yang menarik perhatian banyak orang dengan mural-muralnya yang indah.

Selain itu, kesadaran masyarakat setempat terhadap seni yang cukup tinggi juga membuat mereka berinisiatif untuk memberikan media belajar kesenian yang menyenangkan.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda bisa belajar untuk membuat wayang, alat musik tradisional, dan kesenian lainnya.

Kawah Putih Ciwidey

Jika Anda sedang mencari informasi tentang wisata alam di Bandung, maka Kawah Putih Ciwidey harus menjadi salah satu tempat yang Anda kunjungi.

Tempat wisata ini memang masih tergolong baru, akan tetapi sudah ada banyak wisatawan yang mengetahui tempat yang satu ini.

Dengan keindahan panorama yang disuguhkan tempat ini, Anda tidak akan pernah bosan untuk berkunjung, meskipun bukan kunjungan pertama Anda.

Jika Anda mencari tempat wisata yang sejuk, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif wisata Anda. Saat berkunjung ke tempat ini, Anda akan tahu bahwa tempat ini sangatlah dingin, karena terkadang suhunya bisa mencapai 8 derajat Celcius.

Jadi, jangan lupa siapkan jaket tebal Anda! Bagi Anda yang ingin berkunjung, Anda bisa menemukan tempat wisata ini di Jl. Soreang Ciwidey.

Trans Studio Bandung

Beralih dari tempat wisata alam, mari kita mengenal tempat wisata yang lebih modern. Tentunya, tempat wisata ini bukanlah nama yang asing bagi sebagian besar warga Indonesia.

Taman hiburan ini menjadi taman hiburan terbesar di Jawa Barat, dengan luasnya yang mencapai 4,2 hektar. Anda bisa mencoba berbagai wahana seru yang ada di dalamnya.

Bukit Jamur Ciwidey

Kembali ke wisata alam dari Bandung, Bukit Jamur Ciwidey menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Sesuai dengan namanya, tentunya tempat ini tidak akan terlepas dari jamur.

Di tempat ini, jamur-jamur tumbuh hampir di setiap sudutnya. Sehingga Anda bisa menemukan ada banyak sekali jamur yang saling berjejeran.

Bukan hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa menemukan banyak sekali jajaran pohon pinus. Jajaran pohon pinus di sini tidaklah terlalu tinggi.

Uniknya lagi, bentuk pohon pinus di sini terlihat menyerupai jamur, sehingga bukit ini pun semakin cocok dengan nama bukit jamur.

Bukit Jamur ini bisa Anda temukan di Desa Rancabolang, Ciwidey, Bandung.

Curug Cimahi

Bagi Anda yang hobi pergi ke curug atau air terjun, Bandung juga memiliki air terjun yang tidak kalah menarik, yaitu Curug Cimahi.

Kesejukan dan keasrian tempat di sekitar air terjun tentunya akan membuat pikiran Anda kembali menjadi segar. Apalagi dengan bekal secangkir minuman hangat, Anda bisa menghilangkan penat yang menemani Anda sehari-hari.

Taman Hutan Raya Ir. H Juanda

Siapa yang tidak suka dengan pemandangan hijau nan asri yang sangat bisa menyegarkan mata dan pikiran?

Tentunya, Anda semua sangat menyukai pemandangan semacam itu, bukan?

Jika Anda ingin menikmati deretan pohon yang asri, maka Taman Hutan Raya Ir. H Juanda adalah tempat terbaik yang wajib Anda kunjungi.

Di tempat ini, Anda bisa menjumpai sekitar 2500 jenis tanaman yang berbeda.

Di hutan konservasi yang berluas sekitar 590 hektare ini, Anda bisa benar-benar terpuaskan dengan pemandangan yang asri dan atmosfer yang sangat sejuk.

Anda juga bisa melewati sebuah jembatan yang sangat menarik, dan di jembatan tersebut, Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian.

Kebun Teh Rancabali

Pernahkah Anda bermimpi untuk melewatkan liburan Anda di sebuah perkebunan teh? Jika Anda pernah memiliki keinginan tersebut, berkunjung ke kebun teh Rancabali di daerah Bandung bisa menjadi pilihan yang tepat.

Perkebunan teh ini sebetulnya masih berada di kawasan CIwidey. Jadi, jika Anda sedang berada di kawasan ini, Anda bisa mampir berkunjung ke kebun teh Rancabali.

Dengan pemandangan hijau yang luar biasa dan hamparan pohon teh yang bisa Anda nikmati melalui jalan kecilnya, Anda bisa menghilangkan penat Anda di sana.

Udara yang sejuk dan pemandangan yang asri tersebut akan membantu Anda untuk menghilangkan segala stress yang Anda hadapi dalam keseharian.

Anda pun bisa menyiapkan secangkir teh hangat untuk dinikmati sambil menikmati pemandangan.

Rabbit Town

Rabbit Town memang bisa dikatakan sebagai tempat wisata baru yang ada di kota Bandung. Tempat wisata ini menarik perhatian banyak pengunjung karena konsepnya yang terbilang unik.

Jika Anda juga merasa penasaran dengan apa yang bisa Anda temukan di Rabbit Town, tentunya Anda bisa mengunjungi tempat ini di daerah Ranca Bentang.

Forest Walk

Meskipun Bandung merupakan salah satu kota besar yang terbilang cukup ramai dan cukup pesat perkembangannya, bukan berarti Anda tidak bisa menemukan tempat nan sejuk dan asri di sekitar pusat kota.

Sebagai contohnya, Anda bisa mengunjungi Forest Walk yang ada di Babakan Siliwangi. Area ini merupakan sebuah area umum yang artinya bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Jika Anda ingin melarikan diri dari penatnya kehidupan keseharian Anda, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke hutan, karena Anda bisa menemukan kesejukan hutan di Forest Walk ini.

Jadi, jangan buang-buang waktu Anda, jika Anda menginginkan refreshing ke tempat yang sejuk, Anda bisa langsung ke tempat yang satu ini!

Bukit Senyum

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa bukit yang satu ini diberi nama Bukit Senyum? Tentunya, sesuai dengan namanya, bukit ini akan siap membuat Anda untuk tersenyum, sesaat Anda sampai di puncak bukit yang satu ini.

Meskipun Anda harus menghadapi tanjakan yang cukup terjal saat akan pergi ke puncak bukit, Anda tidak akan menyesal saat Anda sudah berada di puncaknya.

Saat Anda sudah berada di bagian puncak bukit ini, Anda bisa melihat ke panorama di bawahnya, yang akan menunjukkan hamparan pohon pinus dan perkebunan teh.

Pastinya, Anda akan refleks tersenyum sesaat melihat panorama tersebut. Itulah alasan mengapa bukit ini diberi nama Bukit Senyum.

Jika Anda ingin tersenyum melihat pemandangan sekitar bukit ini, Anda bisa mendaki Gunung Burangrang, tepatnya di desa Cipada, Cikalongwetan.

D’Dieuland

D’Dieuland merupakan salah satu tempat wisata kekinian yang ada di kota Bandung. Berbeda dengan tempat-tempat wisata alam lainnya, tempat wisata kekinian ini tentunya akan menyelaraskan dengan konsep kontemporer yang sedang tren.

Sebagai contohnya, desain yang dimiliki tempat ini juga sangat unik dan cantik.

Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama keluarga Anda dan menikmati berbagai aktivitas outdoor yang menarik di tempat ini.

Apalagi, dengan biaya masuk yang terbilang murah, yakni Rp.10.000 hingga Rp.15.000,- tentunya ada banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk berkunjung. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda bisa menemukannya di Punclut, Dago.

Ranca Upas

Tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang bisa membuat Anda menjadi lebih dekat dengan alam.

Anda bisa berkemah di pinggir danau dan juga menikmati ketenangan yang disajikan tempat tersebut. Tempat ini juga merupakan sebuah tempat konservasi, sehingga Anda bisa dengan bebas memberikan makan kepada rusa-rusa yang bisa Anda temui di sana.

Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole merupakan sebuah tempat yang tepat untuk menikmati berbagai bunga anggrek yang indah. Tempat yang kabarnya menjadi taman anggrek terbesar se-Indonesia ini memiliki luas sebesar 12 hektare.

Di dalamnya, terdapat sekitar 157 jenis bunga anggrek. Bibit anggrek yang dibudidayakan di tempat ini juga didatangkan dari berbagai tempat, seperti Venezuela, Peru, hingga Amerika Serikat.

Green Kenyot Cikahuripan

Jika Anda sudah mengenal betapa terkenalnya Grand Canyon di Amerika Serikat tetapi masih perlu banyak waktu dan tabungan untuk berkunjung ke sana, sebagai gantinya, Anda bisa berkunjung ke tempat ini.

Namanya memang sengaja diambil agar mirip dengan nama asli Grand Canyon, yaitu Green Kenyot. Anda juga bisa memasuki tempat ini dengan biaya yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 15.000,- saja.

Anda bisa menikmati pemandangan yang eksotis dari aliran sungai di sana, yaitu Sungai Cikahuripan.

Akan tetapi, jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, akan lebih baik jika Anda tidak berkunjung saat musim hujan, karena air akan sangat tinggi dan cukup berbahaya bagi pengunjung.

Amazing Art World 3D

Wisata kekinian dengan konsep tempat 3D memang bukanlah sesuatu yang baru. Salah satu yang paling terkenal di Indonesia adalah Amazing Art World 3D.

Saat Anda berkunjung ke tempat ini, nantinya Anda akan menjumpai berbagai lukisan 3D yang sangat indah dan terlihat nyata.

Sempatkanlah untuk berfoto di lukisan-lukisan tersebut dan mengunggahnya ke social media, karena hasilnya tentunya akan sangat artistik.

Stone Garden

Apakah Anda juga pecinta tempat-tempat wisata yang memiliki atmosfer etnik yang kental? Jika iya, maka Stone Garden merupakan salah satu pilihan tempat wisata yang tepat.

Di sini, Anda bisa mengambil foto dan menjadikannya seolah-olah Anda sedang berada di daerah Sumba. Tentunya, hal ini membutuhkan trik yang cerdik.

Tempat ini berada di daerah Girimulya, Cipatat, Bandung Barat. Meskipun tempatnya memang agak sedikit menanjak, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan pemandangan yang sangat menakjubkan di Stone Garden Geopark ini.

Taman Lembah Dewata

Tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik dengan yang sudah disebutkan sebelumnya adalah Taman Lembah Dewata. Di tempat ini Anda bisa menemukan Danau tadah hujan yang ramai pengunjung.

Bukan hanya itu, tempatnya yang sangat tenang bisa membantu Anda untuk menghilangkan stress setelah beraktivitas sehari-hari. Anda juga bisa mencoba untuk menunggang kuda di tempat tersebut, karena tempat ini termasuk di kawasan Ganesha Equestrian Lembang.

Observatorium Bosscha di Bandung

Jika Anda sangat senang dengan dunia astronomi atau perbintangan, makan bermain ke Bosscha bisa menjadi salah satu alternatif wisata yang menarik.

Di tempat ini Anda bisa melihat bintang-bintang dengan lebih jelas. Anda juga akan mendapatkan penjelasan yang cukup mudah untuk dipahami tentang bintang-bintang yang ada di langit.

Tempat ini terletak sekitar 15 km dari pusat kota Bandung, sehingga Anda harus memperkirakan waktu yang cukup jika Akan berkunjung ke tempat ini.

Selain itu, Anda juga tidak bisa sembarangan datang ke tempat ini tanpa mendaftar terlebih dahulu. Jadi, pastikan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar mendapatkan akses masuk.

Rumah Mode Bandung

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari kota Bandung adalah fashion. Tentunya, hal ini membuat Rumah Mode menjadi salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Bandung. Di sini Anda bisa berbelanja berbagai jenis pakaian atau hal lainnya yang berbau fashion.

Saat Anda berbelanja di Rumah Mode, Anda akan merasakan kenyamanan dalam berbelanja. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai barang dengan kualitas yang bagus.

Meskipun dengan kualitas yang bagus, Anda tidak perlu khawatir, karena barang-barang di sini memiliki harga yang relatif murah.

Museum Geologi Bandung

Salah satu tempat wisata yang berbau wisata edukasi adalah Museum Geologi Bandung. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi para pelajar dan mahasiswa.

Bahkan, ketenaran museum yang satu ini bukan hanya sebatas lingkup nasional, karena tidak jarang kita bisa menemukan banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke tempat ini.

Cihampelas Walk

Cihampelas Walk atau yang sering disebut juga dengan Ciwalk adalah sebuah tempat wisata yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Sebetulnya, tempat wisata ini adalah pusat perbelanjaan yang memiliki konsep alami. Anda bisa menghabiskan waktu Anda di tempat ini untuk menikmati udara sejuk dan bahkan makan malam yang menyenangkan.

Saung Mang Udjo

Nama tempat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ya, tempat ini merupakan tempat di mana para wisatawan, baik luar maupun dalam negeri, bisa belajar tentang angklung.

Angklung yang merupakan salah satu alat musik tradisional khas Jawa Barat, tentunya menjadi salah satu primadona tersendiri bagi para pengunjung.

Di tempat ini, nantinya para pengunjung bisa melihat pertunjukan angklung sekaligus belajar untuk memainkannya.

Jadi, jika Anda merasa tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang alat musik yang satu ini, Anda bisa berkunjung ke Saung Angklung Mang Udjo.

 

Air Panas Ciater Bandung

Jika Anda ingin mencari pemandian air hangat alami, maka wisata Air Panas Ciater adalah jawaban yang tepat untuk Anda.

Air panas di pemandian ini berasal dari kawah aktif yang berada di gunung Tangkuban Perahu. Tempat ini berjarak 30 km ke arah utara dari pusat kota Bandung. Jika Anda ingin beristirahat sambil bermain air hangat, tempat ini adalah tempat yang cocok.

Paskal Food Market

Jika Anda sudah lelah dengan aktifitas berjalan-jalan Anda dan ingin menikmati berbagai kuliner yang enak, Paskal Food Market menjadi pilihan yang tepat.

Tentunya, di tempat ini Anda bisa menemukan banyak sekali kios makanan dengan berbagai jenis makanan yang ditawarkan.

Jadi, bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk berwisata kuliner, tempat ini adalah pilihan yang tepat.

Museum Konferensi Asia Afrika

Meskipun ada banyak sekali tempat di Bandung yang tidak bisa kita lewatkan, berkunjung ke Bandung akan terasa kurang lengkap jika Anda belum mengunjungi Museum Konferensi Asia Afrika yang bersejarah ini.

Gedung ini merupakan salah satu ikon kota Bandung yang cukup bersejarah bagi Indonesia dan kota Bandung sendiri.

Pada masa penjajahan, gedung ini menjadi saksi bisu perjuangan para pejuang untuk meraih kemerdekaan.

Selain itu, tempat ini juga menjadi tempat perhelatan konferensi terbesar di Asia-Afrika, yang akhirnya diabadikan sebagai nama dari gedung yang satu ini.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Bagi Anda yang berniat untuk mencari tempat wisata yang juga berguna sebagai tempat belajar, maka taman yang satu ini menjadi salah satu opsi yang tepat.

Sesuai dengan namanya, di taman ini para pengunjung bisa belajar mengenal lebih tentang serba-serbi lalu lintas. Tentunya hal ini sangat berguna bagi anak-anak, karena mereka bisa berkunjung sambil mengenal berbagai jenis informasi lalu lintas yang biasa ditemui.

Di sana, Anda juga bisa membiarkan anak-anak Anda untuk menikmati pengalaman berkendara melalui mobil-mobil mini yang ada.

Mereka nantinya akan berkendara di sebuah jalur mini yang juga dilengkapi dengan berbagai rambu lalu lintas. Tentunya hal ini sangat menarik dan bermanfaat, bukan?

Museum Sri Baduga

Jika Anda ingin berekreasi sambil mengenang sejarah, Museum Sri Baduga menjadi salah satu tempat yang cocok untuk Anda kunjungi. Di tempat ini, Anda bisa melihat sejarah perkembangan Jawa Barat dari masa ke masa.

Di dalamnya, ada sekitar 5.367 koleksi yang terdiri dari koleksi asli maupun replika. Pastinya, tempat ini akan sangat cocok bagi Anda para pecinta sejarah.

Demikian itu tadi informasi tentang berbagai tempat wisata yang ada di kota Bandung. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat-tempat tersebut, pastikan bahwa Anda sudah merencanakannya sebaik mungkin.

Dengan perencanaan yang baik, pastinya Anda bisa menikmati setiap keindahan dari tempat-tempat wisata yang sudah disebutkan di atas. Selamat berlibur!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *