Kota Bandung tampaknya tidak pernah kehabisan ide kreatif dalam mengembangkan destinasi wisata, salah satunya yakni The Great Asia Africa yang berada di Lembang.

Pariwisata Bandung tidak hanya populer dengan eksotisme Wisata Alam di Bandung-nya saja, namun kini telah banyak hadir tempat-tempat wisata kekinian yang lebih fresh dan bisa mengakomodasi semua kebutuhan rekreasi bagi semua golongan usia.

Review The Great Asia Africa Lembang Bandung

the great asia africa

The Great Asia Africa adalah destinasi wisata yang menggabungkan edukasi dengan artistik yang mengusung konsep edukasi budaya.

Kawasan wisata ini mencoba memberikan pengalaman kultural dari berbagai negara tanpa perlu beranjak dari Indonesia.

The Great Asia Africa terbagi menjadi beberapa area yang ditandai oleh bangunan representatif masing-masing negara.

Konsep wisata ini adalah edukasi bagi wisatawan mengenal budaya dan ciri khas 7 negara di Asia dan Afrika.

Objek wisata ini baru diresmikan pada tanggal 18 Desember 2019, dan animo para pengunjung yang datang ke wisata ini sangat besar.

Wisata ini dibangun di lahan seluas 5 hektar dan berada di kawasan lembah dengan suasana alami yang khas ala pegunungan dan perbukitan.

Suasana-nya sangat nyaman, sejuk dan asri. Tentu tempat wisata seperti ini sangat pas sekali sebagai tempat rekreasi untuk keluarga.

Berbagai tujuan berlibur bisa ditemukan di sini, mulai dari spot berfoto, wisata kuliner, belanja, sejarah, hingga edukasi.

Di mana memiliki ciri khas 7 negara dari dua benua Asia dan Afrika dalam satu lokasi, selaras dengan namanya.

Ketujuh kompleks ini dibuat oleh pengelola The Great Asia Africa semirip mungkin dengan keadaan dari setiap negeri aslinya, sehingga pengunjung yang datang ke The Great Asia Arfica bisa merasakan perbedaan saat memasuki setiap kompleks miniatur negara-negara tersebut, seperti dari bentuk bangunannya.

Tujuh negara tersebut antara lain: Indonesia, Jepang, Korea, India, Thailand, Timur Tengah, dan Afrika.

Untuk lebih menghidupkan suasana lingkungan semirip mungkin dengan keadaan negara masing-masing di negara-negara tersebut, pengunjung pun bisa merasakan sensasi lebih, dengan menyewa pakaian khas negara masing-masing yang merepresentasikan budaya mereka.

Di sini kamu bisa menyewa pakaian seperti Kimono (pakaian tradisional khas suku bangsa Jepang) dan Kurti Salwar (Pakaian tradisional khas India) dan lainnya. Ini tentu sangat asyik buat para pengunjung yang hobi berfoto.

Di sana ada kawasan Jaipur India’s Pink City hingga perkampungan khas Jepang ala Kyoto di Floating Market Lembang.

Tidak hanya itu, di Kampung Jepang The Great Asia Africa pun kamu bisa melihat Rumah Oshin (nama seorang wanita jepang yang terkenal di film), Taman Jinja dan lain-lain.

The Great Asia Africa ini bisa dibilang wisata kekinian yang juga sangat disukai kalangan anak muda millennial.

Sebab, tersedia banyak sekali spot foto untuk memenuhi kebutuhan selfie maupun berfoto rame-rame.

Selain menikmati keindahan bangunan, pengunjung The Great Asia Africa juga bisa mencicipi kuliner khas tiap negara atau mencoba pakaian tradisionalnya.

Kawasan ini juga tidak jarang mengadakan acara kebudayaan negara terkait, mengenalkan tarian atau proses pembuatan kuliner.

Kawasan wisata The Great Asia Africa dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai.

Selain fasilitas umum seperti lahan parkir, toilet, dan mushola, tempat ini juga cukup ramah bagi penyandang disabilitas dengan ketersediaan lift dan jalur untuk kursi roda.

Beragam tempat makan juga tersedia di sini dengan aneka pilihan jenis kuliner.

Jadi, jika kamu liburan ke The Great Asia Africa di Lembang, rasakan lah sensasi tour wisata keliling negara-negara Asia Afrika dalam sehari saja!

Selain budget wisata yang jauh lebih murah, dan kamu juga tidak perlu repot harus mengurus paspor hingga visa untuk pergi liburan ke luar negeri.

Wahana di Great Asia Africa Bandung

Berikut Ini Tempat Andalan Yang Ada di The Great Asia Africa Bandung yang wajib kamu kunjungi,

Indonesia

the great asia africa

Tentunya, negara kita Indonesia tercinta ini menjadi wahana yang wajib ada di wisata ini.

Nah di wisata ini kamu pasti mengetahui gambaran bagaimana dan seperti apa ada ciri khas budaya Indonesia, mulai dari adat hingga makanan khas daerah.

Area ini lebih diperuntukkan sebagai foodcourt. Area tempat duduknya beragam dan menempati gazebo-gazebo yang nyaman.

Gaya arsitekturnya menyerupai saung-saung yang biasa ditemukan di Indonesia.

Jepang

the great asia africa

Mari beranjak ke area Negeri Sakura. Di wisata ini, kamu dapat melihat adanya spot-spot yang kental dengan nuansa Jejepangan, misalnya saja seperti: Pavillion Jepang, Gerbang Fushimi, Lampion-Lampion yang tergantung ala Jepang, Kaligrafi dengan Huruf Kanji, Kakigori, dan lain-lain.

Jepang menjadi salah satu destinasi pengunjung yang paling ramai. Kawasan ini dilengkapi kolam dengan jembatan, pertokoan dengan arsitektur Jepang kuno, terowongan gerbang kuil, serta aneka dekorasi.

Seperti area sebelumnya, di sini tersedia penyewaan pakaian tradisional berupa “Kimono”, “Yukata”, dan “Hakama” untuk berbagai kalangan usia.

Jika kamu tertarik, bisa mencoba menyewa kostum tersebut dan digunakan untuk berfoto di wahana Jepang.

Jajaran gerai kuliner khas pun ada, mulai dari Takoyaki hingga Yaki Imo alias ubi panggang.

Yang membedakan dari area lainnya adalah booth permainan tradisional, yaitu menangkap ikan dengan menggunakan jaring kertas.

Korea

the great asia africa

Area pertama yang bisa ditemukan dengan berjalan kaki adalah Korea. Di area Negeri Ginseng ini, terdapat kedai, rumah tradisional Korea lengkap dengan dapurnya.

Jika kita masuk ke dalam, pengunjung akan menemukan etalase berisi replika makanan khas Korea seperti kimchi.

Pengelola juga memberi kesempatan bagi pengunjung untuk mencoba dan berfoto mengenakan Hanbok.

India

the great asia africa

Area selanjutnya adalah area yang menjadi favorit di hampir semua kalangan karena penyajiannya yang berwarna-warni. Di wahana ini terdapat rumah tradisional India.

Negara India direpresentasikan dengan replika bangunan dari Jaipur yang dikenal sebagai “The Pink City”. Setiap bangunan dihiasi warna dan dekorasi yang dijamin mencuri perhatian.

Pengunjung bisa mengabadikan momen dengan berbagai latar belakang yang instagrammable. Patung tangan raksasa dan gajah yang unik biasa menjadi pilihan yang favorit.

Kamu dapat menikmati kuliner khas seperti roti canai di area ini, sambil mencoba mengenakan pakaian tradisional India (Kurti Salwar) untuk pengalaman yang tak terlupakan.

Thailand

the great asia africa

Area Thailand berada tepat di dekat miniatur desa Korea Selatan. Untuk menuju ke sana, kamu harus menyusuri dua kali jalan menurun.

Di jalanan menurun kedua, kamu akan melihat beberapa dekorasi pintu di sebelah kiri sebelum menemukan area Thailand.

Wahana ini menawarkan suasana yang khas seperti di Thailand. Terdapat miniatur bangunan dengan kombinasi warna putih dan emas yang menjadi ciri khas Thailand. Selain itu, ada juga makanan khas Thailand yang bisa kamu nikmati.

Timur Tengah

the great asia africa

Timur Tengah identik dengan arsitektur bangunannya yang khas. Umumnya bangunan yang disertai dengan kubah-kubah mirip dengan masjid.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga kamu dengan memilih aneka spot khas Timur Tengah.

Afrika

wisata bandung

Menuju area selanjutnya, pengunjung akan melewati sungai kecil dengan jembatan berwarna-warni.

Dengan lahan rumput dan latar belakang tebing, pengunjung seolah menginjakkan kaki di sabana Afrika yang luas dan memukau.

Bangunannya didominasi bebatuan, atap rumput, dan dekorasi ornamen grafis yang unik.

Jika sudah sampai di sini, jangan lupa untuk mencicipi Sate Afrika, meski bertajuk sate, namun kuliner ini tidak disajikan dengan ditusuk, melainkan di piring layaknya steak daging dan disandingkan bersama pisang goreng.

Pengunjung juga bisa mencoba kopi khas Turki serta melihat proses pembuatannya yang tidak biasa.

Animal Park

the great asia africa

Setelah beres menjelajahi berbagai negara, istirahatkan kaki di kawasan Animal Park.

Di sini, pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan menggemaskan nan unik.

Kelinci, kambing, dan iguana adalah beberapa di antaranya.

Selain memberi makan dan mengajak bermain, pengunjung juga bisa berkesempatan untuk berfoto bersama para reptil.

Lokasi The Great Asia Africa Bandung

Peta The Great Asia Africa


The Great Asia Africa bisa dikunjungi setiap hari, baik hari kerja maupun hari libur mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Tempat  wisata The Great Asia Africa bisa ditemukan di Jalan Raya Lembang – Bandung No. 71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Lokasinya lebih mudah dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau ojek online.

Lokasinya tepat berada di seberang objek wisata di Lembang ala luar negeri Farmhouse Susu Lembang dan Eldarado Sport, Cafe & Convention Hall, serta dekat juga dengan sebuah Resort di Bandung yang memiliki akomodasi Glamping Bandung sepopuler Ciwidey Valley Resort yakni Trizara Resort.

The Great Asia Africa dapat diakses dari arah tempat menginap seperti Hotel Dekat Bandara Husein Sastranegara yang jaraknya 12 Km.

Atau jika dari tempat penginapan Hotel Dekat Stasiun Bandung jaraknya adalah 11 Km, dan dari Penginapan Dekat Terminal Leuwi Panjang jaraknya 15 Km.

Baca juga Tempat Wisata di Bandung lainnya.

Rute Menuju The Great Asia Africa Bandung

Bagi kamu yang mau pergi liburan ke The Great Asia Africa, ada banyak alternatif rute jalan menuju ke tempat wisata yang ada di Jalan Raya Lembang – Bandung No. 71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, berikut ini rute yang dapat kamu tempuh.

Via Kendaraan Pribadi

Bagi kamu wisatawan asal luar Bandung seperti Jakarta, kamu memilih keluar dari pintu Tol Pasteur atau memilih rute jalan via Subang.

Jika via Subang, kamu bisa keluar dari pintu Tol Kalijati ke Subang lalu menuju Ciater Highland Resort terus ke Sari Ater Hotel & Resort lalu Tangkuban Perahu dan sampai ke lokasi.

Via Kendaraan Umum

1. Via Angkot

Jika ingin menggunakan angkot, pilih angkot jurusan St. Hall – Lembang yang berwarna krem.

Angkot tersebut bisa ditemukan di Stasiun Hall/Stasiun Kereta Api Bandung, Terminal Ledeng, atau Kawasan Pasir Kaliki.

Angkot ini adalah satu-satunya kendaraan umum yang berangkat dari Bandung menuju Lembang. Kontak 081717772219 atau 08112166000.

2. Via Bus

Jika menggunakan bus, maka turun di Terminal Cicaheum atau Terminal Leuwipanjang bisa lanjut perjalanan dengan naik bus Damri ke Terminal Ledeng.

Sampai di Terminal Ledeng, lanjut naik angkot ke Lembang. Tapi bagi pengunjung yang ingin cepat dan praktis bisa menggunakan jasa transportasi online

Akses jalan menuju ke lokasi sangat mudah dan aman serta strategis berada di tepi jalan utama serta jalannya beraspal sangat mulus.

Terlebih jika kamu berangkat dari arah Kota Bandung, jauhnya hanya sekitar 15 Km atau bisa ditempuh dengan berkendara kurang lebih 30 menit.

Jalanan-nya tidak terlalu besar, namun jenis transportasi roda empat dan enam mulai dari big bus, medium, mobil pariwisata dan mobil pribadi bisa masuk.

Harga Tiket Masuk The Great Asia Africa

Pengunjung The Great Asia Africa lebih dari usia 5 tahun dikenakan tiket masuk, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan domestik dan turis asing mancanegara (WNA) sebesar Rp50.000.

Menariknya, tiket tersebut bisa kamu tukar dengan menu makanan atau minuman welcome drink The Great Asia Africa di area dalam.

Pilihan minumannya pun beragam seperti Snow Ice hingga Hot Ginseng. Apapun pilihannya, yang pasti dapat membuat segar tenggorokan kamu.

Kawasan wisata The Great Asia Africa bisa dikunjungi setiap hari, baik hari kerja maupun hari libur mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Apabila kamu takut kehabisan tiket, kamu bisa booking tiket melalui nomor telepon 08112166000.

Adapun biaya parkir mobil Rp3.000 per jam dan untuk parkir motor sebesar Rp1.500 per jam.

Area parkir di sini cukup luas dan mampu menampung ratusan kendaraan. Ada dua lokasi parkir yang bisa digunakan.

Pertama berada di pintu masuk yang bisa menampung kurang lebih 50 mobil dan satu lagi berada di sebelah pintu The Great Asia Africa yang bisa menampung 50 bus dan 200 mobil.

Fasilitas lain yang disediakan oleh The Great Asia Africa ada Sky Lift seharga Rp 10.000 (gratis untuk lansia, disabilitas, ibu hamil atau bawa stroller bayi), Golf Car seharga Rp25.000 per orang, Skuter seharga Rp25.000 per 5 menit, dan Sepeda dipatok harga Rp15.000 per 10 menit.

Ada pula penyewaan pakaian yaitu untuk sewa pakaian Korea Rp50.000 per jam, sewa pakaian India Rp100.000 – Rp125.000 per jam, sewa pakaian Jepang Rp100.000 per 2 jam, dan sewa pakaian Middle East Rp100.000 – Rp 150.000 per jam. Untuk kartu permohonan Rp15.000 dan foto bersama hewan seharga Rp25.000

Hal Yang Bisa Dilakukan di The Great Asia Africa

the great asia africa

Jika kalian bertanya-tanya “kalau kesini enaknya ngapain sih?

Jangan bingung dan pusing, karena berikut ini adalah beberapa rekomendasi / pilihan kegiatan yang dapat kalian lakukan di sini.

Berfoto Ria

Banyak banget spot berfoto yang bagus disini. Apalagi tempat yang satu ini berada dekat wilayah dataran tinggi pegunungan, jaraknya yang tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu serta Gunung Burangrang dan tempat wisata hutan pinus di Cikole PAL 16 serta Orchid Forest.

Kamu bisa mendapatkan spot foto yang instagrammable di The Great Asia Africa Lembang karena pesonanya secantik di Kota Mini Lembang.

Lalu, kamu juga dapat berfoto dengan background arsitektur bangunan, ditambah dengan memakai pakaian tradisional pastinya lebih kece dan spot-spot menarik lainnya yang instagenic.

Bermain Bersama Iguana dan Satwa Liar Lainnya

Memasuki kawasan Afrika, kamu bisa bertemu dengan beragam jenis satwa yang unik dan jinak. Anak-anak pasti senang deh berlama-lama di sini.

Mereka bisa bermain dengan kelinci imut, memberi makan para domba, hingga berfoto bersama burung.

Bukan itu saja ya, ada juga iguana dan laba-laba berukuran besar lho! Berani berfoto dengan mereka?

Mencoba Permainan Ala Jepang: Gyomo Kingyo Sukui

Pernah dengan Gyomo Kingyo Sukui? Ini dia permainan tradisional Jepang yang sekarang bisa kamu coba di Paviliun yang ada di The Great Asia Africa.

Ajak si kecil untuk seru-seruan memancing ikan-ikan mas kecil yang ada di kolam. Eits, cara memancingnya unik lho.

Di sini kamu tidak akan diberikan tongkat pancing dengan kailnya tapi kamu akan memancing menggunakan serok yang terbuat dari kertas.

Hmm, pastinya akan sangat sulit ya! Untuk sekali kesempatan, kamu cukup membayar Rp10.000 saja.

Nah, kalau sudah berhasil menangkap ikan mas kecilnya kamu bisa membawa pulang hasil tangkapanmu.

Cukup dengan  membayar Rp25.000 untuk membeli pot kecil sebagai tempatnya dan ikan mas pun aman dibawa pulang.

Belajar Banyak Hal Baru: Melipat Origami & Membuat Kimchi

Masih dari paviliun Jepang, siapa sih yang tidak kenal dengan kreasi kertas ala Jepang atau origami?

Nah, di sini kamu bisa belajar berkreasi melipat kertas cantik hingga membentuk karya yang menarik. Hasil karya origami mu langsung dapat kamu bawa pulang.

Oh ya, jangan lupa intip account Instagram The Great Asia Africa ya untuk tahu jadwal workshop atau pertunjukan yang rutin diadakan di sini.

Seru deh, kamu bisa lihat aneka tarian khas beberapa negara hingga belajar membuat kimchi di Paviliun Korea.

Nyobain Sensasi Naik Gondala Menuruni Bukit

Apa persamaan Rock Bar, Karma Beach, atau Sundays Beach Club yang ada di Bali?

Ya, untuk menuju ke tempat-tempat tersebut kamu harus menuruni bukit menggunakan kereta khusus atau gondala.

Nah sekarang di Bandung kamu bisa juga merasakan sensasi naik turun bukit dengan kereta khusus alias gondala tersebut.

Pusat Kuliner Khas Negara Masing-Masing

Bagi kamu yang suka menu masakan khas Korea, kini bisa makan senikmat hidangan Restoran Korea di Bandung di The Great Asia Africa.

Begitupun bagi kamu yang suka menu hidangan asian lainnya, di The Great Asia Africa ada juga Restoran Jepang, Indian resto, Thailand Resto, restoran yang menyajikan menu ala Afrika, dan tentu saja ala Rumah Makan Sunda.

Harga makanan dan minuman yang terjangkau mulai Rp10.000-an.

Oleh-Oleh Khas Bandung

Sebelum pulang, jangan lupa juga berburu oleh-oleh khas Bandung yang ada di kedai-kedai souvenir The Great Asia Africa.

Di sana menjual aneka barang cendera mata mulai dari pernak pernik, boneka, kerajinan hingga makanan khas Bandung pun dijual dengan harga murah meriah.

Tips Berkunjung

Kawasan Lembang di musim libur atau pun weekend biasanya macet oleh wisatawan yang memenuhi objek wisata ini.

Adanya The Great Asia Africa Lembang di ruas jalan utama cukup menambah kemacetan juga. Direkomendasikan untuk dikunjungi di hari biasa agar lebih lega dan santai.

Jika berkunjung saat musim liburan, sebaiknya persiapkan diri untuk antrian yang padat dan panjang.

Disarankan untuk datang lebih pagi karena tempatnya agak menurun, dan lebih baik memakai sepatu olahraga agar lebih nyaman.

Apa Kata Pengunjung?

  • LOVE BANGET SAMA TEMPAT INI. kali pertama dateng bulan Maret lalu dan konon katanya tempat ini juga baru banget dibuka sekitar 4 bulan gitu.Lokasinya di sebrang Farm House Bandung, sepertinya masih 1 management. HTM per orang 50k, dapet voucher yg bisa dituker dengan minuman/makanan ringan.seperti namanya, di sini kita bisa menikmati banyak spot foto dari miniatur berbagai negara Asia seperti Jepang, Korea, India, Timur Tengah, Cina, Afrika, Thailand dll.favorite aku spot di Jepang. ada juga layanan fish spa 20rb utk 10 menit. bener-bener bikin rileks stlh berjalan jauh.ada pusat oleh-oleh juga sebelum pintu masuk. di masing-masing miniatur negara, ada icon negara itu sendiri.TIDAK DISARANKAN MENGGUNAKAN HIGH HEELS. karna jalanan cukup panjang. saya pribadi habis 3 jam waktu di sini pdhl tidak terlalu bnyk berhenti utk foto dan makan.disediakan juga layanan lift untuk turun ke bawah. di satu sisi sangat membantu buat yg kecapekan. di sisi lain melewati beberapa spot. per orang dikenakan biaya 10rb (klo gak salah).kebanyakan pengunjung adalah keluarga dan rombongan tour, baik anak sekolah, perkumpuln ibu-ibu maupun rombongan kantor.
  • Tempatnya bagus dan luas, banyak spot foto yang menarik dari negara-negara di Benua Asia dan Benua Afrika, cocok untuk berlibur bersama keluarga. Lokasi di seberang Farm House
  • Ga begitu menyenangkan, agak tidak worth it, lift nya dan jembatan juga gak begitu aman, infrastrukturnya masih kurang bagus50rb cuman dpt sosis/minuman (pilih salah satu saja)Viewnya cukup bagus dari atas, tapi kalau di kunjungin 1 per 1 biasa sajaMungkin utk mengenal sekilas budaya orang msih oke
  • Tempat nya cakep bgt buat foto"Tapi aku saranin buat naik gondola/lift soal nya kalo jalan kaki cape bgt apalagi pas pulang nyaHarga yaa standar lahBanyak makanan jugaTapi kalo tempat nya lg rame emang agak susah buat foto sii
  • Tempat wisata yang cukup luas ...lokasi mudah ...dan area untuk foto foto sangat luas dan menarik ...kalau kesini beli tiket bisa ditukar minuman juga...
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *