Cianjur bisa jadi bukan termasuk salah satu kota besar di Indonesia. Akan tetapi, bukan berarti Cianjur tidak memiliki banyak daya tarik.

Terbukti dalam sektor pariwisata, Cianjur bahkan memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Berbagai jenis tempat pariwisata bisa Anda temukan di Cianjur dan bahkan sangat ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Tentunya, akan terasa kurang jika Anda berkunjung ke Cianjur tetapi belum mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di sana.

Jadi, jika Anda berniat untuk berlibur ke Cianjur dan berkunjung ke beberapa tempat wisata, berikut ini beberapa tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi!

Taman Bunga Nusantara

Tempat wisata yang satu ini sudah cukup lama dibuka. Sesuai dengan namanya, tentunya di tempat ini Anda bisa melihat banyak sekali bunga. Jenis bunga yang ada di tempat ini juga sangatlah beraneka ragam.

Selain itu, tempat ini juga tergolong sebagai tempat yang memiliki akses yang mudah, sehingga banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Cianjur. Mengapa demikian?

Saat Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasakan hawa yang sejuk dan menyenangkan.

Belum lagi, hamparan pemandangan hijau bisa Anda lihat di seluruh penjuru Kebun Raya Cibodas ini. Tentunya, siapa yang tidak ingin melewatkan liburan di tempat yang nyaman?

Telaga Biru

Telaga Biru merupakan bagian dari tempat wisata Taman Nasional Gunung Gede. Tempat ini diberi nama demikian karena warna airnya yang kebiru-biruan.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda bisa melihat kejernihan air sekaligus hawa sejuk yang menyenangkan dari tempat ini. Anda juga bisa mengambil gambar yang indah dengan background alam yang menakjubkan di sini.

Gunung Padang

Salah satu tempat wisata yang terbilang unik di Cianjur adalah Gunung Padang. Tempat wisata ini adalah bagian dari wisata peninggalan jaman purbakala.

Ya, Gunung Padang ini memiliki bentuk punden berundak dengan luas sekitar 900 m2. Konon katanya, di bawah tempat ini masih bisa ditemukan benda-benda peninggalan megalitikum yang masih tertimbun.

Kota Bunga Cipanas

Tempat yang satu ini merupakan sebuah tempat wisata yang cocok untuk rekreasi keluarga. Di dalamnya, ada banyak sekali wahana bermain yang memang disediakan untuk anak-anak.

Selain itu, Anda perlu tahu bahwa tempat yang satu ini memiliki julukan yang terbilang unik, yaitu “Little Venice”.

Sesuai dengan namanya, Anda juga bisa mengelilingi tempat wisata ini menggunakan kano, layaknya saat Anda berada di kota Venesia.

Tirta Jangari

Bagi Anda yang ingin melepas penat dari keseharian Anda sekaligus melakukan wisata kuliner, tempat ini menjadi pilihan yang tepat.

Anda bisa menikmati berbagai jenis kuliner seperti nasi liwet, ikan bakar, dan sambal lalapan yang enak.

Anda pun bisa mendapatkanya dari warung-warung terapung yang ada di atas air. Pastinya, ini akan menjadi sensasi tersendiri jika Anda mencobanya.

The Jhon’s Aquatic Resort

Jika Anda sangat suka dengan wahana permainan air, maka tempat ini adalah tempat yang cocok untuk Anda.

Di tempat ini, Anda bisa mencoba berbagai wahana air seperti boat lagoon, water ball, dan lain-lainnya. Anda juga bisa mencoba wahana lain yang tidak berkaitan dengan air, seperti trampoline, menunggang kuda, trampoline dan ATV.

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa berkunjung ke Jl. Desa Babakan Karet, Kampung Tangkil, Cianjur.

Tempat ini masih berada di sekitar Kawasan Hutan Kota Cianjur yang tentunya akan terasa asri dan sejuk.

Sungai Cikundul

Jika Anda suka wisata yang memacu adrenalin seperti bermain arung jeram, maka sungai ini menjadi tempat yang cocok bagi Anda.

Di tempat ini Anda bisa mencoba arung jeram bersama teman-teman Anda. Nantinya, Anda akan didampingi oleh instruktur yang sudah lebih berpengalaman.

Alun-Alun Surya Kencana

Jika Anda ingin menikmati indahnya hamparan edelweiss, maka tempat ini adalah tempat yang cocok untuk Anda kunjungi.

Dari sini, Anda bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan sekaligus merasakan hawa pegunungan yang sangat sejuk.

Tempat ini berlokasi di dekat Taman Nasional Gunung Gede. Jika Anda berangkat dari Cibodas, maka Anda harus menempuh perjalanan sekitar 11 km.

Gunung Gede

Tempat wisata yang satu ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang populer. Bagi para pecinta alam, tentunya tempat ini adalah tempat pendakian yang tepat.

Anda bisa mendapatkan pemandangan yang menakjubkan sesaat Anda sampai di puncak gunung.

Air Terjun Cibeureum

Salah satu air terjun yang cantik dengan air yang cukup jernih di daerah Cianjur adalah air terjun Cibeureum. Air terjun yang satu ini memiliki tinggi sekitar 50 meter.

Layaknya kawasan air terjun, di sekitar air terjun Cibeureum ini Anda juga bisa melihat pemandangan yang menyejukan sekaligus menakjubkan.

Pantai Jayanti

Jika Anda hobi untuk berkunjung ke pantai dan menikmati semilir angin pantai, pantai yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan.

Menemukan pantai di daerah Cianjur memang terbilang sulit, karena secara topografi, Cianjur memang lebih didominasi oleh pegunungan.

Tentunya, fakta ini membuat pantai Jayanti menjadi pantai kesayangan warga Cianjur.

Terutama bagi Anda yang sangat suka bermain air pantai dan pasir tanpa takut ombak yang besar, pantai yang satu ini menjadi pilihan yang sangat cocok.

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, silahkan berkunjung ke desa Cidamar, Kecamatan Cidaun.

Istana Cipanas

Istana yang satu ini merupakan istana Presiden yg ada di daerah Cianjur. Istana ini dibangung oleh Van Heuts pada tahun 1970.

Kawasan ini terkenal sebagai kawasan yang sejuk dan nyaman, sehingga tidak heran jika ada istana Presiden yang di bangun di tempat ini.

Kandang Badak

Badak, yang sekarang ini tergolong sebagai salah satu hewan langka, tentunya tidak bisa kita temukan di sembarang tempat.

Akan tetapi, kita masih bisa melihat Badak di kecamatan Cipanas, kabupaten Cianjur, lho.

Daya tarik lainnya adalah suasananya yang sejuk dan segar, karena lokasi Kandang Badak ini berada di dataran tinggi dan dikelilingi hutan yang masih alami khas pegunungan.

Gunung Mas Puncak

Karena Cianjur memang didominasi dengan pegunungan, tentunya ada banyak tempat wisata di pegunungan yang bisa ditemukan. Salah satunya adalah Gunung Mas Puncak.

Di tempat ini Anda bisa menemukan hamparan kebun teh yang sangat indah. Anda juga bisa bermain beberapa wahana olahraga, seperti voli, sepakbola dan bahkan berkuda.

Danau Leuwi Soro

Salah satu tempat wisata menarik yang ada di Cianjur adalah Danau Leuwi Soro. Danau ini bisa Anda temukan di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur.

Anda bisa menemukan nuansa sejuk yang menenangkan saat berada di tempat ini. Apalagi ditambah dengan pepohonan yang ada di sekeliling danau, tempat ini akan terasa begitu nyaman dan tenang.

Waduk Cirata

Sesuai dengan namanya, di tempat ini Anda bisa melihat waduk yang cukup luas. Saking luasnya waduk yang satu ini, Anda bisa menyewa kapal yang ada di pinggiran waduk.

Kemudian, Anda bisa melihat ke sekeliling waduk dengan menggunakan kapal sewaan Anda tersebut.

Jangan khawatir jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, karena Anda hanya perlu untuk membayar parkir saja.

Wana Wisata Mandalawangi

Jika Anda mencari tempat wisata yang cukup dekat dengan stasiun, maka Wana Wisata Mandalawangi ini adalah pilihan yang tepat.

Di tempat ini Anda bisa melihat berbagai flora dan fauna, di mana tempat ini akan sangat menarik karena kedua hal tersebut. Jika Anda ingin mencoba tempat wisata yang satu ini,maka berkunjunglah ke Desa Rarahan, Kec. Pacet, Cianjur.

Tias Wisata Cianjur

Tempat ini menerapkan tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah saja. Dengan tiket sebesar itu, Anda bisa menikmati berbagai wahana menyenangkan yang ada di tempat tersebut.

Jadi, tempat ini sangatlah cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga.

Puncak Rindu Alam

Destinasi tempat wisata lain yang cocok Anda jadikan sebagai tempat kesukaan Anda adalah Puncak Rindu Alam.

Di tempat ini, Anda bisa merasakan bagaimana rasanya menghirup udara segar yang berbeda dengan udara kota yang Anda hirup kesehariannya.

Dengan segala fasilitas umum liburan yang lengkap, tempat ini pun membuat pengunjung semakin merasa nyaman.

Demikian itu tadi beberapa tempat wisata yang ada di daerah Cianjur. Jika Anda merasa bingung untuk menghabiskan masa liburan Anda selama di Cianjur, daftar di atas bisa membantu Anda untuk memilih tempat liburan yang tepat.

Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan liburan keluarga Anda atau sesuai dengan gaya liburan favorit Anda. Jadi, selamat menikmati liburan!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *