Apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata “Jakarta”? Kota yang selalu sibuk, jalanan yang macet, dan cuaca panas, mungkin itulah yang terlintas dalam benak.

Namun, tak hanya gedung pencakar langit, banyak juga tempat wisata di Jakarta yang bisa menjadi pilihan untuk melepaskan penat sejenak.

Pantai Ancol

Pantai Ancol - Tempat Wisata di Jakarta

Salah satu tempat wisata favorit saat berkunjung ke Jakarta adalah Pantai Ancol, Jakarta Utara. Pantai ini merupakan satu dari beberapa objek wisata yang termasuk di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), seperti Dufan, Seaworld, dan lainnya.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 per orang, Anda bisa menikmati pemandangan lima pantai yang ada, yaitu Pantai Karnaval, Pantai Festival Ancol, Pantai Ria, Pantai Indah, dan Pantai Elok. Selain itu, tersedia juga fasilitas lengkap, seperti jogging track, food court, dermaga, dan restoran.

Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi Jakarta

Dibangun pada tahun 1985, Dunia (Dufan) merupakan pelopor tempat wisata dengan konsep theme park di Indonesia.

Di dalamnya, Anda akan menemukan berbagai wahana yang memiliki tema khas dari beberapa wilayah terkenal di dunia, seperti Eropa, Amerika, Asia, dan lainnya.
Taman hiburan ini terletak di dalam kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Dibuka mulai pukul 10.00–18.00 WIB pada hari kerja dan 10.00–20.00 WIB saat akhir pekan, sekitar 22 wahana yang ada bisa Anda jajal dengan membeli tiket terusan seharga Rp200 ribu pada hari kerja dan Rp295 ribu untuk weekend.

Untuk anak-anak dan keluarga, ada wahana Ubanga-banga (bumper car), Istana Boneka, Hello Kitty Adventure, Treasure Land Temple of Fire (live action), Bianglala, Fantasy Light Magic, Perang Bintang, Rumah Miring, Poci-Poci, Ontang Anting, Rajawali, Gajah Beledug, Alap-Alap, dan lainnya.

Anda yang sudah dewasa wajib mencoba wahana thriller ride yang menantang nyali dan memacu adrenalin. Sebut saja Halilintar, Tornado, Hysteria, Kicir Kicir, Pontang Pontang, Ombang Ombang, dan Kora Kora. Untuk keselamatan, pastikan Anda memenuhi syarat untuk menaiki wahana tersebut.

Sea World

Masih di kawasan Ancol, Seaworld juga menjadi salah satu destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya menghibur, Sea World juga memiliki fungsi edukasi untuk memperkenalkan kehidupan di tiga zona perairan, yaitu perairan tawar, pesisir, dan perairan laut.

Sea World memiliki koleksi sekitar 20 ribu ekor biota air yang ditampilkan dalam 28 display berupa akuarium dan kolam terbuka. Kesemuanya bisa Anda jelajahi dengan membayar tiket masuk seharga Rp85 ribu (hari kerja) dan Rp105 ribu (weekend), mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

Di antara puluhan display, ada beberapa wahana yang menjadi andalan. Ada Touch Pool untuk berinteraksi langsung dengan hewan laut, Main Aquarium berukuran raksasa, Jelly Fish Exhibit, dan film Glow Theater tempat pemutaran film edukasi Sea Turtle Story.

Yang tak boleh Anda lewatkan adalah wahana Underwater Tunnel, yaitu terowongan “bawah laut” yang merupakan ikon Sea World.

Terowongan yang diberi nama Antasena ini memiliki panjang 80 meter dan terletak di dalam akuarium utama. Di sini, Anda serasa berada di dasar laut, dikelilingi ribuan ikan.

Baca ulasan lengkap tentang Sea World di sini.

Snowbay Waterpark

Menyegarkan diri sejenak dari terik dan panasnya udara Jakarta bisa Anda lakukan dengan berekreasi ke Snowbay Waterpark yang terletak di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur.

Tempat ini unik karena dikelilingi pegunungan salju buatan sehingga terasa sejuk.

Di dalamnya, ada banyak wahana yang bisa dicoba, di antaranya Tube Coaster, Snowbay Beach, Hurricane, Fishbowl, Kolam Arus, Todle Zone & Kiddy Area, serta Spa Zone.

Tiket masuk ke kawasan ini dipatok sebesar Rp140 ribu s.d. Rp180 ribu per orang.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Berwisata sekaligus belajar sejarah dan pengetahuan lainnya bisa Anda lakukan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Berlokasi di Jakarta Timur, TMII dibangun pada tahun 1972 berdasarkan gagasan dari Ibu Tien Soeharto. Di sini, terdapat anjungan berupa rumah adat dari tiap provinsi yang ada di Indonesia.

Selain itu, terdapat beberapa wahana lain, seperti teater, taman dan museum, Snow Bay, Istana Anak Indonesia, serta kereta gantung yang melintasi gugusan pulau-pulau mini.

Harga tiket masuk TMII sangat terjangkau, hanya Rp10.000,00 per orang dan Anda harus membayar tiket lagi untuk menikmati wahana.

Masjid Istiqlal

Berwisata religi di kota metropolitan, kenapa tidak?

Anda bisa beribadah sekaligus menikmati keindahan arsitektur Masjid Istiqlal yang akan membuat lidah berdecak kagum. Terlebih lagi, masjid terbesar di Asia Tenggara ini juga memiliki nilai historis yang cukup penting.

Masjid Istiqlal dibangun sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajahan Belanda selama ratusan tahun. Sebagai salah satu ikon Jakarta, lokasi masjid ini tidak sulit dicari, yaitu di Jalan Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat, tak jauh dari Stasiun Gambir.

Planetarium Jakarta

Ingin mengajak anak-anak belajar tentang benda-benda langit?

Datanglah ke Planetarium Jakarta yang terletak di dalam Taman Ismail Marzuki (TIM), tepatnya di Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat.

Selain ilmu astronomi, di sini juga diperkenalkan konsep alam semesta dan hubungannya dengan kehidupan.

Beratap setengah bola yang bisa terbuka secara berputar, Planetarium Jakarta memiliki tiga ruang pengamatan dan ruang pameran benda-benda luar angkasa dalam bentuk gambar dan foto disertai keterangan lengkap. Pengamatan benda langit dilakukan menggunakan beberapa jenis teleskop.

Perlu dicatat, Planetarium Jakarta buka setiap hari kecuali hari Senin, mulai pukul 07.00–15.00 WIB. Tiket masuknya sangat murah meriah, hanya Rp7.000,00 untuk anak-anak dan Rp12.000,00 untuk dewasa.

Jika datang bersama rombongan, harga tiketnya Rp5.000,00 (pelajar dan mahasiswa) dan Rp10.000,00 (umum).

Kebun Binatang Ragunan

Melihat tingkah laku binatang bisa menjadi alternatif cara menghilangkan penat akibat rutinitas sehari-hari.

Di kebun binatang yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini, Anda juga bisa menghirup udara segar yang kian langka di Jakarta hanya dengan membayar tiket masuk Rp7.400,00 per orang.

Kebun Binatang Ragunan memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa yang terdiri dari berbagai macam spesies.

Selain itu, ada juga hutan tropis mini yang memiliki koleksi lebih dari 50.000 tumbuhan, Pusat Primata Schmutzer, Dunia Orang Utan, dan Taman Satwa Anak.

Kawasan Kota Tua

Ingin berlibur dengan bujet ekonomis dan waktu terbatas? Bisa.

Kawasan Kota Tua Jakarta di Jakarta Utara siap menyajikan suasana “tempo doeloe” yang sangat kental untuk menemani Anda menghabiskan waktu. Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa menikmati suasana ala Eropa yang menawan.

Tidak perlu merogoh kocek untuk menikmati eksotisme kawasan Kota Tua. Namun, Anda harus membayar tiket untuk masuk ke beberapa objek wisata yang ada, seperti Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Petak Sembilan.

Museum Joeang ‘45

Mempelajari sejarah bisa dilakukan dengan mengunjungi museum, salah satunya Museum Joeang ’45. Museum ini terletak di tengah kota, tepatnya di Jl. Menteng Raya No. 31, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Datanglah mulai pukul 09.00–15.00 WIB dengan membayar tiket Rp2.000,00 hingga Rp5.000,00 per orang.

Beberapa koleksi foto dan lukisan yang mendokumentasikan sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah terpampang rapi di dalam museum.

Tak hanya itu, museum juga dilengkapi perpustakaan, bioskop tempat memutar film dokumenter, foto studio, dan ruang bermain anak.

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah Jakarta
© thejakartapost.com

Jakarta memiliki banyak museum, salah satunya yang menjadi ikon wisata Jakarta adalah Museum Fatahillah.

Di sini, tersimpan 23.500 koleksi peninggalan sejarah yang cukup lengkap, seperti mebel antik dari abad ke-17, pedang eksekusi, lukisan Gubernur Jenderal VOC, dan meriam si Jagur yang populer.

Museum yang juga disebut Museum Batavia atau Museum Sejarah Jakarta ini terletak di Jl. Taman Fatahillah No. 2.

Bangunan ini memiliki beberapa ruang penyimpanan, yaitu Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Jayakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Sultan Agung, dan Ruang M.H. Thamrin.

Dengan tiket masuk seharga Rp2.000 s.d. Rp5.000, Anda bisa melakukan banyak aktivitas, seperti wisata kampung tua, mengikuti workshop sketsa gedung tua, menonton film lawas, pentas seni, jelajah malam museum, duduk-duduk di taman sambil membaca buku, atau menikmati kuliner khas Betawi.

Rumah Si Pitung

Anda pasti sudah pernah mendengar nama Si Pitung, seorang tokoh jagoan legendaris dari Betawi.

Namanya tersohor sebagai sosok pembela kaum tertindas dan keberaniannya melawan penjajah Belanda. Ada bisa menelusuri jejak peninggalan sang jagoan dengan mengunjungi Rumah Si Pitung.

Rumah panggung yang berlokasi di Kampung Marunda, Cilincing, Jakarta Utara ini dilengkapi replika perabot dan lampu gantung kuno, patung, dan pakaian adat Betawi.

Objek wisata ini dibuka pukul 08.00–17.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp5.000 saja.

Kepulauan Seribu

Jika ingin menyingkir sejenak dari hiruk-pikuk kota Jakarta, menyeberanglah ke Kepulauan Seribu.

Menjelajahi dan bermalam di gugusan pulau yang terletak di Selat Sunda ini dijamin akan membuat pikiran segar kembali.

Untuk berwisata ke Kepulauan Seribu, disarankan Anda mengambil paket tur.

Ada lima pulau besar yang bisa dijelajahi: Pulau Onrust, Pulau Kelor, Pulau Cipir, Pulau Rambut, dan Pulau Untung Jawa, di samping pulau-pulau lain yang tak kalah menarik, seperti Pulau Bidadari, Pulau Tidung, dan Pulau Pari. Anda bisa berangkat dari Pelabuhan Marina atau Muara Angke.

Setu Babakan

Seperti suku lainnya di Indonesia, masyarakat Betawi pun memiliki kebudayaan khasnya sendiri.

Untuk melestarikan kehidupan asli masyarakat Betawi, dibuatlah perkampungan adat di sekeliling Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setu Babakan sendiri pada mulanya hanya merupakan danau yang berfungsi sebagai tempat resapan air.

Selanjutnya, oleh pemerintah, tempat ini dijadikan kawasan cagar budaya Betawi. Anda bisa mengunjungi kampung Betawi mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Menjelajahi hutan mangrove seluas hampir 100 hektare di pinggiran Jakarta adalah petualangan mengasyikkan untuk menghabiskan akhir pekan. Taman wisata alam ini terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, dan buka mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore.

Rindangnya hutan mangrove dan tingkah satwa-satwa liar, seperti biawak, kera, dan bangau adalah pemandangan yang menyejukkan mata dan hati.

Untuk menelusuri taman, tersedia kapal sewaan dan pemandu lokal dengan biaya di luar tiket masuk yang ditetapkan seharga Rp25.000,00 per orang.

Menjaga keseimbangan hidup sangatlah penting, terutama bagi masyarakat di kota metropolitan.

Dengan banyaknya tempat wisata di Jakarta, tak ada alasan untuk tidak meluangkan waktu sesaat untuk berekreasi menyegarkan pikiran bersama keluarga atau teman.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *