Jika kamu sedang berada di daerah Bandung, rasanya kurang lengkap jika kamu tidak menyempatkan waktu untuk mengunjungi Dusun Bambu Lembang.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi Bandung Utara, sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan udara segar dan suasana sejuk.

Biasanya Dusun Bambu Lembang selalu dijadikan sebagai tujuan utama para wisatawan yang sedang liburan di daerah Bandung, terutama saat pengunjung sedang berada di daerah lembang dan sekitarnya.

Jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Lembang, menjadikan tempat wisata ini selalu ramai oleh pengunjung yang berdatangan dari berbagai macam daerah.

Penasaran kan seperti apa suasana ketika berlibur di Dusun Bambu Lembang?

Simak ulasan seputar Dusun Bambu Lembang di bawah ini.

Review Dusun Bambu Lembang

dusun bambu lembang

Dari tahun 2014, Dusun Bambu Lembang sudah mulai dikenal oleh wisatawan dalam kota maupun luar kota. Dari awal mula tempat wisata ini dibuka, banyak sekali orang-orang yang mengunjungi tempat ini.

Wajar saja, karena waktu itu objek wisata ini baru dibuka dan lokasinya pun menawarkan suasana yang terasa sangat begitu segar.

Menerapkan tema eco friendly, ternyata objek wisata yang berada di daerah Bandung ini telah direncanakan untuk dijadikan sebagai salah satu objek eco wisata yang berada di Provinsi Jawa Barat.

Ukuran tempat ini cukup luas, dan penataan tempatnya terlihat sangat rapi dan baik.

Kawasan Dusun Bambu Lembang ini juga difasilitasi tempat kuliner, berbagai macam wahana permainan, restoran yang sangat unik, villa dan masih banyak fasilitas lainnya yang bisa digunakan oleh para wisatawan yang berkunjung kesini.

Jika kamu para pecinta fotografi, tempat wisata ini terdapat banyak spot foto yang bagus dan juga menarik.

Wahana Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang memiliki banyak wahana dan fasilitas tersedia yang dapat dinikmati pengunjung.

Misal seperti menikmati suasana segar di Dusun Bambu Lembang dengan pasangan atau keluarga, menjajal berbagai macam hidangan kuliner di beberapa restoran dan cafe, bermain bersama dengan keluarga dan si buah hati, atau hanya sekedar jalan-jalan mengelilingi taman yang tertata rapi.

Perlu kamu ketahui, jarak antara area parkir dan kawasan utama itu jaraknya cukup jauh.

Ketika dalam perjalanan dari area parkir menuju lokasi wisata, kamu bisa berjalan santai sambil menapaki sawah, atau menggunakan fasilitas shuttle yang berangkat setiap selang waktu lima menit sekali.

Tempat wisata ini sengaja menyediakan shuttle bagi para wisatawan yang berkunjung kesini secara gratis.

Berikut di bawah ini ada beberapa fasilitas tempat yang bisa kamu nikmati.

Taman Arimbi

dusun bambu lembang

Nah, Taman Arimbi adalah salah satu area taman yang mengelilingi lokasi tempat wisata.

Di sini kamu bisa melihat bentuk taman yang tertata sangat rapi, dan juga dilengkapi oleh aliran air sungai kecil yang berada di tengah-tengah taman tersebut.

Disini kita dapat mengelilingi seluruh area taman bersama keluarga atau pun anak.

Selain mengelilingi dan melihat-lihat kondisi dari taman tersebut, ada berbagai macam kegiatan menariknya yang memang bisa kamu lakukan disini.

Misal seperti membuat video vlog liburan, berfoto ria bersama keluarga, sahabat, dan pasangan, atau hanya memotret objek yang berada di area sekitar.

Nah semua kegiatan tersebut bisa kamu lakukan di sini, jadi jangan khawatir bakal garing ya.

Restoran Purbasari

wisata lembang

Letak Restoran Purbasari tepat berada di tepi danau kecil, biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Dusun Bambu Lembang selalu mampir ke tempat makan ini.

Tempat makan yang terbuat dari saung bilik memang cukup terlihat unik.

Selain itu restoran ini mengitari danau kecil yang mempunyai panorama begitu indah, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat istirahat bersama keluarga sambil menikmati berbagai macam menu hidangan yang telah disiapkan oleh pihak restoran.

Karena Restoran Purbasari selalu ramai oleh pengunjung, biasanya untuk makan disini harus booking terlebih dahulu.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang berada di area Dusun Bambu Lembang diimbau untuk segera booking sebelum datang ke restoran ini.

Cafe Burangrang

dusun bambu lembang

Sama seperti Restoran Purbasari, Cafe Burangrang ini lokasinya berada di tepi danau juga.

Di sini kamu dapat menikmati beraneka jenis kopi, minuman, makanan ringan sambil menikmati pemandangan sekitar dari dataran tinggi.

Cukup menyenangkan ketika kita menikmati hangatnya Kopi Arabika sambil menikmati suasana yang sejuk.

Apalagi tempat ini cocok banget buat dijadikan spot nongkrong bersama teman-teman atau pun keluarga yang sedang liburan bersama kita.

Area Lutung Kasarung

wisata lembang

Lutung Kasarung adalah nama dari tempat makan yang berada di kawasan Dusun Bambu Lembang.

Area ini dari pertama buka sampai sekarang, selalu menjadi salah satu tempat favorit yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan.

Cukup unik bukan nama tempat makan yang satu ini? Tapi perlu kamu ketahui, keunikan nama yang diberikan untuk sebuah restoran menjadikan salah satu daya tarik sendiri untuk para konsumen.

Restoran yang bentuknya seperti sarang burung ini berlokasi di daerah ketinggian, serta ada jembatan yang dijadikan sebagai per lintasan untuk mengelilingi area Lutung Kasarung.

Bagi kamu yang sedang berada di kawasan Dusun Bambu Lembang rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi area ini.

Pasar Khatulistiwa

dusun bambu lembang

Mungkin sebagian dari kamu sudah sangat familiar dengan tempat ini.

Ya, Pasar Khatulistiwa merupakan tempat yang didalamnya menawarkan berbagai macam jenis makanan dan juga minuman.

Kenapa ketika memasuki kawasan wisata Dusun Bambu Lembang tidak diizinkan untuk membawa makanan dan minuman dari luar?

Alasannya ialah karena adanya Pasar Khatulistiwa yang sudah lengkap menyediakan beraneka ragam makanan dan minuman.

Di area ini kamu bebas memilih apa saja makanan dan juga minuman yang kamu suka.

Mungkin bagi kamu yang hobinya ngemil, area ini cocok dan wajib banget untuk dikunjungi, karena di area ini banyak sekali pilihan kuliner yang bisa kamu coba.

Oh iya, selain dari beberapa tempat diatas, disini kamu juga memiliki beberapa pilihan kegiatan yang bisa kamu dan keluarga lakukan ketika berlibur di kawasan wisata Dusun Bambu Lembang, diantaranya seperti:

  • Mengajak buah hati bermain di Playground
  • Mengitari danau dengan menggunakan perahu
  • Menikmati berbagai macam area bermain yang ada

Lokasi Dusun Bambu Lembang

Peta Dusun Bambu


Dusun Bambu Lembang lokasinya berada di Jl. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Kawasan wisata ini mudah sekali untuk ditemukan, baik itu dari arah Lembang atau pun Bandung.

Baca juga Tempat Wisata di Lembang lainnya.

Rute Menuju Lokasi

Ada beberapa rute untuk menuju ke area wisata Dusun Bambu Lembang Bandung.

Berikut rute perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dan juga transportasi umum. Simak baik-baik ya, jangan sampai enggak!

Rute dari Sukabumi Via Kendaraan Pribadi

Bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi dapat melewati rute-rute di bawah ini.

a. Menggunakan Mobil

Bagi kamu yang berasal dari daerah Sukabumi dan ingin mengunjungi Dusun Bambu Lembang dengan menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat menggunakan akses Jalan Tol Padalarang kemudian keluar di pintu Tol Pasteur.

Sesampainya di gerbang Tol Pasteur, kamu bisa langsung mengambil jalan kiri untuk menuju ke arah Jl. Dr, Setiabudhi.

Di situ kamu hanya mengikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Setibanya di area UPI Bandung, kamu bisa melanjutkan perjalanan sambil mengikuti jalan utama yang menuju ke arah Lembang, Kabupaten Bandung.

Di sana nanti, kamu akan menemukan pertigaan sebelum masuk ke daerah Lembang, nah disitu kamu bisa langsung belok kiri mengambil arah ke Parongpong.

Tak jauh dari situ, kamu akan menemukan lokasi wisata Dusun Bambu.

b. Menggunakan Sepeda Motor

Berangkat liburan menggunakan sepeda motor itu mempunyai kesan sendiri, entah itu dalam perjalanannya atau juga dalam keramaian jika touring bersama teman-teman.

Nah, ketika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata Dusun Bambu menggunakan motor dari daerah Padalarang, titik awal yang harus kamu sampai ialah ‘Alun-Alun Cimahi’.

Sesampainya di Alun-Alun Cimahi, tidak jauh dari tempat tersebut, kamu akan mendapati JL. Kolonel Masturi. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan ini sepanjang 11 KM ke arah Curug Cimahi.

Kurang lebih sekitar 300 meter dari Curug Cimahi, disitu kamu akan melihat gapura yang terdapat tulisan ‘Komando’.

Nah kamu bisa langsung masuk ke jalan tersebut, dan kemudian akan menemukan pintu masuk Dusun Bambu yang berjarak sekitar 500 meter dari jalan yang kamu lalui.

Rute dari Cianjur Via Transportasi Umum

Jika kamu berangkat dari Cianjur menggunakan transportasi umum seperti Bus dan Travel juga bisa, nah baik bus atau pun travel ada titik turun berbeda yang perlu kamu ketahui.

a. Menggunakan Travel

Bila kamu menggunakan travel, kamu bisa turun di daerah Dipatiukur (DU).

Sesampainya di DU, kamu bisa langsung memesan transportasi online seperti grab car, go car, atau taxi online lainnya untuk mengantarkan kamu menuju lokasi Dusun Bambu Lembang.

b. Menggunakan Bus

Lalu jika pergi menggunakan bus, maka titik utama yang akan kamu pijak adalah Terminal leuwi Panjang Bandung.

Sesampainya di terminal, kamu bisa lanjutkan perjalanan dengan menggunakan Damri yang menuju ke daerah Ledeng.

Setibanya di Terminal Ledeng, kamu bisa kembali melanjutkan perjalanan menuju Dusun Bambu dengan menggunakan transportasi umum Angkot.

Harga Tiket & Jam Buka

Sebelum mengunjungi tempat wisata, penting bagi kamu untuk mengetahui berapa harga tiket masuk dan jam berapa tempat wisata itu dibuka.

Maka dari itu, berikut informasi mengenai Harga tiket masuk + parkir kendaraan Dusun Bambu Lembang dan jam operasionalnya:

  • Weekday Rp20.000/orang
  • Weekend Rp25.000/orang
  • Motor Rp10.000
  • Mobil Rp15.000
  • Bus Rp25.000

Dusun Bambu Lembang sudah beroperasi dimulai dari jam 09.00 s/d 21.00 (hari biasa), untuk akhir pekan 08.00 s/d 23.00 WIB.

Hal yang Bisa Dilakukan

dusun bambu lembang

Dusun Bambu Lembang memang terkenal dengan banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman-teman di sini.

Lantas apa saja hal yang bisa dilakukan disini? Berikut ulasannya.

Bermalam di Dusun Bambu

Apakah kamu ingin bermalam di Dusun Bambu Lembang? Jika ia, bisa banget! Untuk biaya penginapan disini pun bisa dibilang cukup mahal, tapi ya sangat wajar karena lokasinya memang berada di kawasan tempat wisata dan juga disediakan berbagai fasilitas yang lengkap.

Untuk penginapan disini bukan seperti hotel, namun berbentuk villa dan bermalam di area glamping yang sudah disediakan oleh pengelola wisata tersebut.

Jadi kesimpulannya kamu bisa memilih diantara dua penginapan tersebut, apakah ingin bermalam di villa atau di area glamping.

Bersepeda

Selain bermalam di Dusun Bambu Lembang, di sini, kamu juga bisa bersepeda karena di area ini telah disediakan fasilitas tempat rental sepeda.

Diadakan tempat penyewaan sepeda ini tak lain untuk wisatawan agar dapat mengelilingi area kaki gunung Burangrang sambil menikmati pemandangan di sekitar.

Selain mengelilingi kaki gunung Burangrang, kamu juga bisa bersepeda menyusuri kebun teh hijau sambil melihat betapa indahnya pemandangan dari kebun tersebut, dan menghirup udara yang sejuk. Sungguh menyenangkan bukan?

Menanam Padi

Di Dusun Bambu Lembang ada salah satu area yang bernama Paddy Field, di sini bukan hanya cocok untuk orang dewasa saja, tapi cocok juga untuk anak-anak.

Kenapa? Karena di sini akan diberi pembelajaran mengenai bagaimana bercocok tanam yang baik dan benar.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung ke area ini akan dibekali wawasan tentang beberapa produk pertanian, dan pastinya bisa menyegarkan mata dengan memandangi sawah hijau yang terbentang luas.

Nah, yang menjadi daya tarik dari area ini ketika tiba musim panen kamu bisa ikut memanen padi bersama petani.

Berfoto

Dusun Bambu Lembang adalah salah satu tempat wisata yang bernuansa alam serta pegunungan.

Berbicara tentang tempat wisata pasti di dalamnya mempunyai banyak tempat yang menarik untuk dijadikan sebagai spot terbaik untuk berfoto.

Terlebih saat ini mayoritas dari wisatawan di Indonesia gemar berfoto.

Oleh karena itu, untuk kamu yang juga memiliki kegemaran dalam pengambilan gambar/foto, di sini kamu bisa memilih beberapa tempat untuk dijadikan sebagai objek foto kamu.

Banyak spot-spot terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk pengambilan objek foto landscape dan potrait.

Belanja di Pasar Khatulistiwa

Daerah Lembang memang dikenal oleh masyarakat sebagai tempat yang menjual berbagai macam jenis sayur-sayuran, buah-buahan segar, produk pertanian, makanan khas Sunda, dan juga kerajinan souvenir yang dibuat oleh penduduk Gunung Burangrang.

Tempat yang dibangun dengan bahan bangunan yang terbuat dari bahan-bahan alami, serta desain yang digunakan untuk pembangunan pasar Khatulistiwa ini cukup menarik bisa memberikan suasana yang nyaman ketika kamu belanja dan berkeliling di area pasar.

Maka dari itu, di sini kamu bisa berbelanja sepuasnya, entah itu belanja sayur-sayuran, makanan, buah-buahan atau berbagai macam barang yang dijual di sana.

Oh iya, souvenir yang dibuat oleh pengrajin masyarakat kaki Gunung Burangrang ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh loh.

Tips Berwisata di Dusun Bambu

Berikut ini adalah tips-tips yang dapat memandu wisata kamu selama di Kampung Korea agar semakin menyenangkan.

1. Perhatikan waktu berwisata

Kawasan wisata di Lembang selalu padat oleh pengunjung, terlebih ketika musim libur datang dan liburan akhir pekan.

Dusun Bambu Lembang yang lokasinya harus menggunakan jalur utama menuju lembang cukup menambah tingkat kemacetan juga, terlebih ketika musim libur tiba pasti padat banget.

Maka dari itu, bagi kamu yang ingin berlibur ke Dusun Bambu Lembang, dan ingin menghindari kemacetan ketika dalam perjalanan, kamu bisa berangkat dari tempat kamu tinggal ketika waktu dini hari.

Jika memang tidak mau berangkat pada waktu dini hari, kamu bisa berlibur ke tempat ini ketika hari biasa.

Pasalnya hari-hari biasa seperti Senin s/d Jum’at akan mengurangi populasi kemacetan dalam perjalanannya, dikarenakan orang-orang masih sibuk terhadap rutinitas nya masing-masing.

2. Jangan lupa bawa kamera

Oh iya, jangan lupa membawa kamera ketika berlibur ke tempat wisata ini. Pasalnya, di area Dusun Bambu ini ada beberapa tempat yang bagus untuk dijadikan sebagai objek fotografi.

Bahkan hampir seluruh tempat yang ada di dalam area objek wisata Dusun Bambu mempunyai spot yang unik, dan juga cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang ketika kamu, keluarga, teman dan pasangan di foto.

Catatan
Sekian tentang ulasan tempat wisata Dusun Bambu Lembang yang berada di Kabupaten Bandung Barat.

Sayang sekali apabila objek wisata ini kamu lewatkan ketika berlibur ke daerah Bandung.

Setelah kamu membaca semua artikel ini, pastinya kamu lebih tertarik dan penasaran untuk datang ke tempat ini bukan? Selamat Berwisata!

Apa Kata Pengunjung?

  • Banyak spot foto bagus dari yg gratisan sampe yg berbayar lagi. Kulinernya isi saldo dulu trus banyak pondokan street food kyk konsep di mall. Banyak wahana permainan nya juga. Toko suvenir yg menjual berbagai macem bentuk pernak pernik. Masuk dapet welcome drink dan kupon minuman gratis yg bisa ditukar saat mau keluar.
  • Jika kalian berlibur ke Bandung, ga lengkap rasanya kalau ga mengunjungi Dusun Bambu Lembang ini. Letaknya di ketinggian area Bandung utara, suasana sejuk dan udaranya segar banget. Dusun bambu ini salah satu destinasi wisata yg recommend banget di kunjungi. Tiket masuknya 35 ribu (yg nantinya bisa ditukarkan dengan 1 bibit tanaman. Dari tempat parkir menuju area utama jaraknya cukup jauh. Kalian bisa berjalan menyusuri sawah disana juga ada gazebo" untuk beristirahat, atau menggunakan shuttle yg berangkat setiap 5 menit sekali. Shuttle untuk pengunjung disediakan gratis, dan dihiasi dengan bunga warna-warni dan didalamnya ada tv nya.Setelah sampai bakal di suguhi dengan pemandangan danau yg luas dan bagus banget ada fasilitas perahunya juga jadi kalian bisa naik perahu di danau ini, terdapat juga tempat kuliner" berupa saung" yg unik terletak mengelilingi danau. Ada restoran purbasari yg menyediakan berbagai macam menu kuliner khas sunda, ada Cafe Barungrang yg menyediakan berbagai macam menu kuliner nusantara, ada Restoran Lutung Kasarung yg tempatnya unik banget berbentuk sangkar burung. Dan ada Pasar Khatulistiwa semacam pujasera yg menyediakan banyak jenis makanan dan juga jajanan Khas Kota Bandung juga ada disini. Jadi jangan khawatir kelaperan atau kehausan di Dusun Bumbu ada banyak tempat" kuliner, untuk harganya juga bervariasi dan masih masuk akal kok, ga mahal" banget.Untuk makan di foodcourtnya harus beli kartu 10 ribu dan top up saldo dulu, kalau sisa saldo masih ada bisa dikembalikan lagi.Buat yg berburu spot" foto keren dan instagrammable banget disini juga ada banyak spot" yg menarik lho. Dan kalau kalian mulai boring bisa ke kampung ulin disana banyak wahana" seru dan juga menyenangkan. Di Dusun Bambu juga difasilitasi dengan adanya Musholla, toilet, taman arimbi yg terdapat banyak bunga" yg berwarna-warni, playground, banyaknya spot" foto dan juga wahana" seru lainnya. 😊
  • Dari Kota Baru ke sini lumayan deket krn kita lewat jalan belakang yg lumayan asyik gitu 😁 gak smp 1 jam udah smpai.Parkiran luas banget. Menuju pintu masuk dari parkiran, beli tiket dan antri lalu diantar pakai angkutan kota.Ada wahana memanah, lempar pisau dll trus masuk ke dalam lagi ternyata lbih keren deh.Ada Rongga Budaya dan danau di pinggirnya ada tempat yg bisa kita sewa. Viewnya keren bangetttt.Sepanjang taman juga ada penjual es krim sm jajanan gitu.Trus pas masuk foodcourtnya kita hrus pnya e money ala dusun bambu. Jadi transaksi apapun pakai itu.Oleh2 beragam, lucu2 dan harga juga relatif. O iya ada sewa sepeda juga lho buat anak2 klo pgn muterin tnpa lelah.Rekom banget deh pokoknya ☺️👍🏼👍🏼👍🏼👍🏼
  • Tempat makan yg cozy abis.. Seseruan sama teman2 kerja, boundingnya dapet banget. Ada beberapa spot tempat makan, diantaranya yg cukup terkenal adalah area Sampan Sangkuriang & Lutung Kasarung. Kami memutuskan makan di gubug yg ada di area Sampan Sangkuriang. 1 gubug itu muat banyak, sekitar 10-15 orang. Terdapat bantal2 besar sehingga tetap nyaman duduk lesehan dibawah. Makanannya enak, porsinya juga lumayan besar alias jumbo, view-nya oke banget, apalagi buat foto2, banyak spot yg oke banget.Setelah makan, anak2 bermain di Rabbit Wonderland, masuknya bayar lagi yaa.. Koleksi kelinci di Rabbit Wonderland ini lumayan banyak & bervariasi, kelincinya jinak2 & tidak sulit untuk berfoto bersama kelinci.Setelah puas makan & bermain, kami pun pulang & dioleh2i tanaman hidup di pintu keluar, bebas memilih 1 tanaman yg berada di polybag. Seruuu.. ada pembelajaran buat go green dengan dioleh2i tanaman.
  • Tempatnya bagus, luas bangettttt dan banyak spot foto keren.. tp beberapa spot foto berbayar lagi 😧 makanannya agak pricey, rasanya biasa banget untung harga yang ga murah dan sedihnya untuk tempat main anak semua bayar per permainan jadinya kalo nyobain semua yaaa jatohnya lebih mahal dr masuk dufan.. tiket masuk 30rb free bibit tanaman agak kurang faedah mending dikasi free mineral water deh biar ngilangin haus abis kelilingin dusun bambu yang luas bangettttt
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *