Tempat wisata di Lombok memang menjadi tujuan banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Menyuguhkan berbagai keindahan alam yang menakjubkan, Pulau Lombok membuat siapa pun akan jatuh cinta padanya.

Pulau Lombok memang terkenal memiliki banyak destinasi wisata, maka tidak heran jika pulau ini dikenal hingga ke mancanegara.

Barisan pegunungan hingga jernihnya laut Lombok, membuat pulau ini dikenal sebagai surga dunia. Nah, beberapa wisata di Lombok ini wajib wisatawan kunjungi!

Gili Trawangan

Belum lengkap rasanya bila wisatawan pergi ke Lombok namun belum mencicipi indahnya Gili Trawangan. Lombok terkenal memiliki pulau-pulau kecil yang dapat dikunjungi wisatawan. Pulau-pulau kecil ini biasa disebut Gili.

Gili paling terkenal di pulau Lombok adalah Gili Trawangan. Wisata ini terletak di Jl. Gili Trawangan, Lombok Utara. Untuk sampai ke sana, wisatawan dapat menyeberang menggunakan perahu dengan harga sekitar Rp25.000,00 sampai Rp 50.000,00, sementara untuk harga tiket masuknya, yaitu Rp10.000,00.

Wisatawan akan merasakan suasana khas Kuta Bali di sini. Ya, sekilas Gili Trawangan memang mirip dengan suasana khas pantai Kuta Bali, karena dipenuhi oleh wisatawan asing.

Tempat wisata di Lombok yang satu ini akan terasa lebih indah di sore hari. Wisatawan dapat menikmati matahari terbenam sembari duduk santai di tepi pantai. Pasir putihnya yang lembut, deburan ombak yang syahdu, juga angin yang semilir akan menyempurnakan indahnya sore di sana.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, di sana juga tersedia banyak resort yang dapat dipilih untuk bermalam. Menginap beberapa malam di Gili Trawangan memang lebih disarankan, karena menjelang sore sudah tidak ada lagi kapal yang dapat ditumpangi untuk menyeberang pulang.

Pantai Senggigi

Tempat wisata di Lombok yang juga sangat terkenal adalah pantai Senggigi. Terkenalnya pantai ini membuat Senggigi menjadi icon pulau Lombok. Oleh karena itu, wisatawan tidak boleh melewatkan tempat wisata yang satu ini.

Pantai Senggigi terletak di Desa Senggigi, Batu Layar, Lombok timur. Wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp15.000,00 untuk dapat menikmati pemandangan di sana.

Senggigi akan menyuguhkan panorama alam yang begitu unik dan berbeda dari pantai lainnya. Gradasi warna pasir pantainya akan menjadi spot foto paling keren. Selain itu, pemandangan alam bawah lautnya sangat cocok untuk kegiatan menyelam.

Desa Sade

Jika wisatawan ingin tempat wisata yang menghadirkan kebudayaan khas Lombok, datanglah ke desa Sade yang terletak di kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Wisatawan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk dapat masuk ke desa ini.

Desa Sade akan menyuguhkan kebudayaan adat-istiadat khas Lombok, seperti rumah adat, kain tenun, aksesori, dan masih banyak lagi. Wisatawan juga akan menemui banyak pengrajin tenun di sana.

Sembalun

Sembalun merupakan dataran tinggi yang terletak di kaki gunung Rinjani. Tempat wisata di Lombok yang satu ini terkenal dengan pemandangan pegunungannya yang sangat indah.

Suasana alam hijau yang sangat segar, cocok untuk wisatawan yang ingin melepaskan penat.
Terletak di dataran tinggi, membuat Sembalun memiliki suhu udara dingin dan angin yang kencang. Oleh karena itu, jika wisatawan ingin pergi ke Sembalun, sebaiknya memakai pakaian hangat.

Selain itu, yang terkenal dari Sembalun adalah kopinya. Banyak wisatawan yang pergi ke sana hanya untuk membeli kopi Sembalun yang terkenal dengan aroma dan rasanya yang khas. Sebaiknya belilah langsung kopi Sembalun dari para petani kopi di sana, untuk mendapatkan harga yang murah.

Pantai Semeti

Pantai lain di Lombok yang tidak kalah menakjubkan adalah Pantai Semeti. Jika singgah ke Lombok, wisatawan wajib datang ke pantai ini. Wisata ini terletak di Desa Mekar Sari, Praya Barat, Lombok Tengah. Wisatawan cukup mengeluarkan uang sebesar Rp5.000,00 untuk dapat masuk ke sana.

Dikelilingi oleh karang-karang dan tebing-tebing yang indah, membuat wisatawan seperti berada di luar angkasa.

Dinding-dinding tebing dan bebatuan yang mengkristal cantik akan menjadi spot foto yang unik. Jika wisatawan gemar mengabadikan momen, pantai ini akan sangat cocok untuk dikunjungi.

Pantai Tebing

Tempat wisata di Lombok memang tidak akan pernah habis dieksplorasi. Salah satunya adalah Pantai Tebing yang terletak di Desa Sambiq Bangkol, Lombok Utara.

Menyajikan tebing-tebing tinggi layaknya Grand Canyon di Amerika, membuat tempat ini wajib wisatawan kunjungi saat di Lombok. Tebing-tebing yang mengelilingi pantai ini terbentuk akibat dari erupsi gunung Rinjani.

Lekukan tebing-tebing tinggi ini akan memberikan spot foto unik dengan panorama pantai yang indah. Pastilah banyak orang yang akan mengira bahwa pantai ini bukan terletak di Indonesia.

Jadi, jika wisatawan ingin liburan yang mengesankan, datanglah ke pantai Tebing Lombok!

Pantai Pink

Mendengar namanya saja, pastilah wisatawan sudah dapat menebak keunikan dari pantai yang satu ini. Ya, seperti namanya, pantai ini memang berwarna pink, sungguh unik, bukan?

Pantai pink ini memiliki warna pasir putih dan merah jambu yang begitu manis jika dipandang. Faktanya, banyaknya koral berwarna merah dan pecahan cangkang hewan-hewan laut membuat pasir di sana tercampur dengan warna pink.

Agar dapat merasakan sensasi warna pink-nya yang begitu menawan, wisatawan dapat datang ke pantai ini mulai pukul 08.00 sampai 16.00. Pada waktu itulah sinar matahari sedang bagus-bagusnya memancar ke pantai ini, sehingga warna pink merona akan tampak jelas terlihat.

Air Terjun Mangku Sakti

Jika wisatawan bosan dengan destinasi wisata pantai, tenang saja Lombok tidak akan kehabisan wisata alam.

Air terjun Mangku Sakti wajib dikunjungi jika wisatawan ingin melihat seni alam secara langsung. Wisatawan dapat datang ke Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur untuk menemukan air terjun ini.

Di sana, wisatawan akan melihat pemandangan alam yang penuh seni dari Sang Maha Kuasa. Susunan batuannya yang sangat megah serta pemandangan air terjun yang indah membuat mata siapapun akan terpesona.

Air terjun Mangku Sakti ini memiliki air yang sedikit menguning akibat adanya kandungan belerang. Bagi wisatawan yang ingin menyembuhkan permasalahan kulitnya, dapat berendam di sana. Suasana alam yang sejuk dan asri akan semakin menambah kenikmatan saat berendam.

Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun yang sangat populer di Lombok, yaitu Benang Kelambu. Untuk dapat sampai ke tempat ini mungkin akan sedikit melelahkan karena jalannya yang menanjak. Namun, jika sudah sampai di sana semua lelah akan terbayarkan.

Keunikan dari air terjun ini, yaitu seperti ada tirai yang menyelimuti air terjun tersebut. Tirai tersebut terbentuk dari tanaman hijau yang mengelilingi Air Terjun Benang Kelambu ini. Jadi, air yang jatuh dari atas tidak langsung turun ke bawah, namun harus melewati celah-celah tirai tersebut.

Itulah 9 tempat wisata di Lombok yang paling populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Ayo, datanglah ke surga dunia Lombok dan ciptakan momen liburan Anda yang menyenangkan!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *