Jika ditanya mengenai kota yang paling banyak tempat wisatanya dan terkenal di provinsi Jawa Timur, orang tentu akan menjawab Malang.

Berbagai tempat wisata di Malang menawarkan sejuta keindahan yang mampu menarik perhatian tak hanya pelancong domestik namun juga mancanegara.

Wisata dan tur bertemakan edukasi, pantai, sejarah, atau gua, semuanya ada dalam satu paket di kota ini.

Terlebih lagi, tak jauh dari Malang ada kabupaten Batu yang juga memiliki beragam tempat wisata yang tak kalah menarik.

Jika berencana mengunjungi kota Malang di akhir pekan ini untuk berlibur, ada baiknya bila sebelumnya Anda telah memiliki referensi tempat wisata. Berikut ini telah kami kumpulkan beberapa referensinya untuk Anda.

Pantai Balekambang

Jika Anda ingin merasakan nuansa Tanah Lot di Bali namun tidak memiliki waktu dan bujet yang cukup untuk pergi ke sana, Anda dapat mencoba mengunjungi Pantai Balekambang. Pantai ini mendapat julukan Tanah Lot versi Malang.

Hal ini didasari oleh keberadaan Pura Amerta Jati di pulau karang yang terletak di tengah laut seperti Tanah Lot.

Pulau tempat Pura Amerta Jati ini disebut Pulau Ismoyo. Pantai Balekambang sendiri telah menjadi destinasi wisata andalan kabupaten Malang sejak 1985.

Anda dapat menuju ke Pantai Balekambang dengan menempuh jarak sekitar 60 km dari pusat kota Malang. Harga tiket masuk ke tempat ini pun tergolong murah, hanya Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 saja.

Air Terjun Coban Rais

Sekarang Anda tidak perlu lagi jauh-jauh mengunjungi Lembang hanya untuk merasakan The Lodge Maribaya yang ada di sana.

Jika Anda ingin merasakan nuansa seperti The Lodge Maribaya, cukup datang saja ke Coban Rais.

Terletak di Jalur Lingkar Barat Nomor 8, Oro-Oro Ombo, Batu, Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan tiket masuk sebesar Rp10.000,00.

Di sini banyak sekali wahana dan spot-spot menarik bagi Anda yang sangat suka sekali berfoto.

Selain itu, masih dalam kawasan Coban Rais, Anda juga dapat menikmati wisata air terjunnya yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh perbukitan hijau. Satu paket wisata alam dan tempat spot foto yang komplit, bukan?

Kebun Teh Wonosari

Terletak di Desa Toyomarto, Singosari, Malang, Kebun Teh Wonosari dapat Anda kunjungi dengan membayar tiket masuk sebesar Rp8.000,00 hingga Rp12.000,00 saja.

Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan hijaunya daun teh dan menghirup udara segar sepuasnya, karena kebun ini berada di bawah kaki Gunung Arjuno. Ketika datang kemari bersama rombongan dan mendaftar untuk tur, Anda juga dapat masuk ke dalam pabrik teh.

Selain itu, banyak juga fasilitas lain di kebun teh ini yang dapat menambah keseruan liburan Anda bersama keluarga, seperti bike rent, penginapan, villa, wall climbing, berkuda, flying fox, paint ball, tempat bermain anak, dan lain-lain.

Gua Pinus Gunung Banyak

Jika Anda ingin berwisata sembari mengumpulkan bahan untuk mengisi feed Instagram, Gua Pinus adalah pilihan yang tepat.

Di sini, Anda dapat menikmati wisata alamnya seraya ber-selfie ria karena banyak sekali spot yang sangat menarik untuk berfoto.

Gua pinus terletak di Gunungsari, Bumiaji, Batu. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 6 malam.

Untuk dapat singgah ke tempat ini dan menikmati wisatanya, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 saja per orang.

Selain terkenal karena banyak spot foto yang menarik, di sini Anda juga dapat mengunjungi gua pinus yang panjangnya hanya sekitar 5 meter dan tinggi 150 cm. Gua ini merupakan bekas galian orang Jepang pada zaman dahulu.

Pulau Sempu

Pulau Sempu adalah pilihan paling tepat bagi Anda yang ingin berwisata di pantai seraya berkemah.

Pulau ini memiliki fasilitas tempat berkemah dan pelelangan ikan. Setiap hari, banyak orang berdatangan mengunjungi Pulau Sempu karena keindahan pesona pantainya.

Pesona ini berasal dari Pantai Segara Anakan yang berada di tengah-tengah pulau. Pantai ini dikelilingi oleh tebing yang cukup tinggi sehingga keberadaannya cukup tersembunyi.

Bahkan karena keindahannya ini, banyak orang yang menyebutnya sebagai kembaran Pantai Phuket.

Namun, perjalanan menuju ke Pulau Sempu cukup jauh dari pusat kota Malang. Jadi sebaiknya, persiapkan tenaga dan pastikan tubuh Anda dalam kondisi yang fit jika ingin berlibur kemari. Harga tiket masuk ke Pulau Sempu adalah Rp20.000,00.

Wisata Jodipan (Kampung Warna Warni)

Daya tarik dari Wisata Jodipan adalah rumah warga yang dicat dengan beragam warna. Hal ini menciptakan spot yang sangat bagus untuk selfie.

Tak ayal, dalam waktu singkat, tempat ini banyak dikunjungi oleh muda-mudi yang ingin ber-selfie di sini dan menjadi hits.

Wisata Jodipan ini terletak di Kampung Juanda, Jodipan, Blimbing, Malang. Ketika melewati jembatan di atas Sungai Brantas, kampung ini terlihat sangat menarik dan berwarna.

Tiket masuk ke tempat ini pun cukup terjangkau, hanya sebesar Rp2.000,00 saja. Selain disuguhi dengan pemandangan kampung yang berwarna-warni, di sini Anda juga bisa melihat beberapa dinding yang dilengkapi dengan tulisan 3D.

Museum Angkut

Museum ini disebut Museum Angkut karena kata “angkutan” yang berarti alat transportasi. Di dalam museum ini, Anda dapat melihat berbagai macam alat transportasi di seluruh dunia dari zaman dahulu hingga sekarang.

Menariknya lagi, tempat ini tak hanya menyajikan mobil dalam sebuah ruangan saja, namun suasananya juga diatur hampir menyerupai tempat asli alat transportasi tersebut berasal, seperti Eropa atau Hollywood.

Jika berencana berkunjung ke tempat ini, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp70.000,00–Rp100.000,00 untuk tiket masuk dan tambahan biaya jika membawa kamera berjenis polaroid, kamera digital, handycam, DSLR, dan sejenisnya.

Hawai Waterpark

Hawai Waterpark menyajikan taman wisata air dengan tema Hawai di seluruh area wisata, seperti pada background dan dekorasi.

Wisata yang terletak di Jalan Raya Karanglo, Singosari, Malang, ini akan dapat memanjakan Anda dan keluarga yang menyukai wisata air dengan segala fasilitas bermainnya.

Terlebih lagi, harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp75.000,00–Rp100.000,00.

Di sini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai spot andalan yang dimiliki oleh Hawai Waterpark seperti Mavi Island, Waikiki Beach, Wailele Slide, Akaolu Pool, Waimea Stream, dan lain sebagainya.

Selain destinasi yang telah disebutkan, masih ada lagi banyak tempat wisata lain yang dapat Anda kunjungi ketika datang ke Malang.

Bahkan, tak jarang dalam satu kawasan, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus karena letaknya yang berdekatan.

Semoga referensi tempat wisata di Malang ini dapat membantu Anda untuk menentukan destinasi yang akan dikunjungi di akhir pekan ini.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ketika berada di tempat wisata tersebut, ya!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *