Anda tentu telah mengetahui jika tempat wisata di Medan yang paling tersohor adalah Danau Toba.

Tak hanya menghadirkan tempat wisata, setiap tahunnya di sini juga diadakan Festival Danau Toba yang mampu menarik perhatian para wisatawan untuk datang berkunjung ke Kota Melayu Deli ini.

Jika Anda berencana untuk datang ke festival tersebut, tak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat wisata di Medan lainnya yang tak kalah menarik dari Danau Toba, lho.

Beberapa diantaranya bahkan telah terkenal hingga ke mancanegara.

Berikut ini beberapa destinasi yang sayang sekali untuk Anda lewatkan ketika berkunjung ke ibukota dari Provinsi Sumatera Utara ini.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Air terjun yang memiliki ketinggian 1270 mdpl ini terletak di Desa Durin Sirugun, Sibolangit, Sumatera Utara.

Jika ingin berkunjung kemari, Anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari Kota Medan dan menelusuri hutan terlebih dahulu untuk mencapai tempat wisata.

Disebut air terjun dua warna karena memiliki dua gradasi warna yang berbeda, yakni biru muda dan putih keabu-abuan.

Selain air terjun, di tempat wisata ini ada pula telaga yang juga memiliki dua warna, biru untuk air dingin dan putih untuk air hangat.

Harga tiket masuk atau retribusi untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah Rp25.000,00. Selain itu, jika membutuhkan pemandu untuk menunjukkan jalan menuju Air Terjun Sibolangit, Anda juga bisa menyewanya dengan tarif Rp100.000,00 sampai Rp300.000,00.

Istana Maimun

Istana yang didirikan oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada 26 Agustus 1888 ini merupakan salah satu istana yang paling indah di Indonesia. Terletak di Jalan Brigjen Katamso, Istana Maimun terdiri atas tiga buah bangunan induk dan dua buah lantai.

Desainnya yang memadukan beberapa unsur kebudayaan seperti Melayu bergaya Islam Timur Tengah, India, Spanyol, dan Italia, membuat Istana Maimun menawan dari segi arsitektur dan sejarah.

Peninggalan dari kerajaan Deli ini dapat Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 6 malam. Harga tiket masuknya pun tergolong murah, hanya Rp5.000,00 per orang. Anda juga dapat mencapai tempat wisata ini dengan mudah karena lokasinya berada di pusat Kota Medan.

Graha Maria Annai Velangkanni

Jika Anda ingin merasakan nuansa kuil-kuil seperti yang ada di India, mengunjungi Gereja Graha Maria Annai Velangkanni adalah pilihan yang tepat. Gereja ini dibangun oleh Pastor James Bharataputera dengan inspirasi dari kuil di India.

Oleh karena itu, di Graha Maria Annai Velangkanni banyak relief-relief dan patungnya. Bahkan patung Annai Velangkanni dan puteranya yang ada di gereja ini didatangkan langsung dari India.

Terletak di Jalan Sakura III Nomor 7–10, Medan, Anda dapat menjangkau tempat wisata ini dengan berbagai alat transportasi umum karena letaknya yang berada di pinggiran kota Medan. Anda dapat berkunjung ke Graha Maria Annai Velangkanni mulai pukul 7 pagi hingga 8 malam.

Gedung London Sumatera

Gedung yang berdiri sejak tahun 1906 ini dibangun dengan mengusung gaya Eropa. Bentuk gedung ini mirip dengan rumah-rumah yang ada di London pada abad ke-18 dan 19. Arsitektur jendelanya pun juga dipengaruhi gaya Eropa dan kolonial Belanda.

Didominasi dengan warna putih, gedung ini masih terawat dan digunakan hingga sekarang. Oleh karena itu, jika ingin berkunjung kemari, sebaiknya Anda datang pada hari Sabtu dan Ahad.

Di hari Senin hingga Jumat, gedung ini digunakan sebagai gedung perkantoran milik PT. PP London Sumatera. Tempat wisata yang terletak di Jalan Ahmad Yani ini merupakan salah satu ikon wisata di Kesawen, Medan.

Museum Sumatera Utara

Museum yang terletak di Jalan H. M. Joni Nomor 15 ini terdiri dari dua lantai bangunan induk yang digunakan sebagai ruang pameran tetap, pameran temporer, audio visual, kepala museum, seksi bimbingan, mikro film, komputer, tata usaha, perpustakaan, dan gudang.

Arsitektur dari museum ini secara umum berbentuk rumah tradisional Sumatera Utara. Pada bagian depan, atapnya dipenuhi dengan ornamen dari etnis Batak Toba, Melayu, Nias, dan sebagainya. Sebagian besar koleksi yang ada di museum ini berasal dari daerah Sumatera Utara.

uka setiap Selasa hingga Ahad, Anda dapat mengunjungi museum ini mulai pukul 08.30 hingga 17.00. Harga tiket masuknya juga cukup murah, hanya Rp3.000,00 per orang.

Bukit Lawang

Bukit Lawang merupakan tempat wisata alam yang terkenal akan Taman Nasional Gunung Leuser, tempat pengamatan orang utan, dan sungai jernih yang berarus deras. Orangutan Sumatera berjenis Pongo abelii ini termasuk spesies yang hanya dapat ditemukan di Sumatera.

Terletak di Pegunungan Bukit Barisan, tempat ini sering dikunjungi oleh pelancong yang datang ke Sumatera Utara.

Anda dapat mengunjungi tempat wisata ini menggunakan kendaraan pribadi dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 2,5 jam dari Kota Medan.

Harga tiket masuk menuju tempat wisata ini pun cukup terjangkau, hanya Rp5.000,00 per orang dan Rp20.000,00 jika menggunakan mobil pribadi.

Selain itu, Anda juga dapat menyewa jasa penduduk sekitar untuk memandu trekking di hutan berbukit menuju tempat orang utan.

Merdeka Walk

Merdeka Walk atau yang biasa disingkat dengan MW merupakan tempat wisata yang berada di jantung Kota Medan, tepatnya di Jalan Balai Kota, Medan. Tempat ini sangat tepat dikunjungi kala petang setelah Anda lelah berkeliling di Kota Melayu Deli.

Tempat ini akan memanjakan lidah Anda yang sangat menyukai wisata kuliner karena ada berbagai pilihan kudapan baik lokal maupun mancanegara di sini.

Selain itu, Anda juga dapat menyantap makanan tersebut sambil ditemani alunan musik dan suasana romantis.

Setelah perut kenyang, Anda juga dapat berburu souvenir khas kota Medan di Merdeka Walk. Berbagai souvenir khas ibukota Provinsi Sumatera Utara ini dapat Anda beli dengan harga yang bervariasi, tergantung dengan kualitas barang tersebut.

Taman Alam Lumbini

Ingin merasakan nuansa Pagoda Shwedagon di Myanmar?

Datang saja ke Taman Alam Lumbini, Karo, Sumatera Utara! Di tempat wisata ini terdapat replika dari pagoda tersebut. Bahkan pagoda ini mendapatkan rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia, lho.

Dibuka sejak tahun 2010, Anda dapat mengunjungi Taman Alam Lumbini tanpa dipungut biaya sepeser pun. Bangunan pagoda di sini sangat megah dan dilapisi oleh cat berwarna emas.

Selain itu, di sini juga ada puluhan lonceng yang mengeluarkan suara indah ketika tertiup angin.

Selain keindahan pagoda, di Taman Alam Lumbini, Anda juga bisa menikmati keindahan taman bunga di kawasan sekitar pagoda dan di bawah jembatan penyeberangan Titi Lumbini.

Untuk menuju ke sini, Anda cukup menempuh perjalanan darat selama kurang-lebih 2 sampai 3 jam saja dari Kota Medan.

***

Itulah beberapa referensi tempat wisata di Medan yang dapat Anda kunjungi sembari menikmati dan menyaksikan megahnya Festival Danau Toba.

Semoga destinasi tersebut dapat membuat liburan Anda di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini menjadi semakin berkesan dan tak terlupakan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *