Padang menjadi salah satu kota di Indonesia yang juga menjadi incaran para wisatawan. Di tempat ini, ada berbagai pesona wisata yang siap membuat hari-hari kita selama liburan menjadi lebih menyenangkan.

Apalagi jika Anda ingin mencoba berbagai tempat wisata yang ada di Padang, maka Anda perlu mengetahui tempat-tempat wisata tersebut.

Beberapa tempat wisata di Padang merupakan wisata alam yang dikembangkan dan dikelola secara baik oleh pemerintah.

Beberapa lainnya merupakan tempat wisata kekinian yang dibuat khusus untuk berwisata para wisatawan. Anda bisa memilih tempat wisata mana yang sekiranya akan cocok untuk Anda dan keluarga.

Sebagai inspirasi berbagai tempat wisata di Padang yang bisa Anda kunjungi, berikut ini beberapa tempat yang bisa Anda pertimbangkan!

Pantai Padang

Salah satu tempat yang tidak bisa Anda lewatkan adalah Pantai Padang. Pantai yang satu ini oleh masyarakat juga seringkali disebut dengan TapLau atau Tapi Lauik.

Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat wajib untuk dikunjungi jika Anda sedang berada di Padang. Dengan segala upaya pemeliharaan yang bagus oleh pemerintah daerah setempat, pantai ini pun terlihat semakin baik dari hari ke hari.

Di tempat ini bahkan sekarang Anda bisa menemukan banyak sekali bunga-bunga di sekelilingnya yang membuat tempat ini semakin cantik.

Salah satu keunggulan lainnya yang dimiliki oleh TapLau adalah tempat ini cukup dekat dengan Ramayana Plaza Andalas dan juga Jembatan Siti Nurbaya.

Jika Anda ingin menikmati kuliner setempat, Anda bisa menikmati olahan seafood dari pedagang-pedagang yang ada di sekitarnya.

Untuk bekal Anda saat berada di sana, jangan lupa untuk melakukan negosiasi terlebih dahulu agar bisa mengantisipasi harga yang terlewat tinggi untuk wisatawan pendatang.

Jembatan Siti Nurbaya

Tempat ini menjadi ikon kota Padang selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Padang. Biasanya, tempat ini akan ramai dikunjungi banyak orang dari sore hingga malam hari.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati indahnya kerlap-kerlip lampu dari atas jembatan. Anda juga bisa mencoba berbagai makanan ringan yang dijajakan di area jembatan.

Taman Siti Nurbaya

Tempat yang satu ini juga dikenal sebagai Taman Gunung Padang. Tempat ini merupakan sebuah bukit yang mulai cukup diminati oleh banyak pengunjung.

Berada tidak jauh dari Jembatan Siti Nurbaya, tempat ini menyajikan pemandangan yang indah. Anda bisa bersantai di tempat ini sambil bercengkrama bersama keluarga.

Pantai Pasir Jambak

Objek wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Pasir Jambak yang berada di Tabing.

Jika Anda sedang berada di pusat kota Padang, maka tempat ini berjarak sekitar 20 km dari kota Padang. Anda harus menempuh perjalanan tersebut ke arah jalan Padang-Pariaman.

Di tempat ini, Anda juga bisa menikmati pantai yang masih sangat bersih dan indah. Anda juga bisa berteduh di bawah pohon kelapa yang berjejer di pantai.

Jika Anda merasa lapar, ada berbagai warung yang menyediakan makanan khas pantai atau khas daerah setempat di pinggiran. Selain itu, Anda juga bisa menemukan homestay di dekat pantai ini.

Pantai Air Manis Batu Malin Kundang

Pernah mendengar cerita legendaris tentang Malin Kundang yang durhaka kepada ibunya? Tentunya Anda sudah tidak asing dengan cerita itu, bukan?

Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan sendiri batu Malin Kundang yang biasanya hanya bisa Anda dengarkan dari cerita rakyat yang beredar.

Pantai ini letaknya berdekatan dengan pelabuhan Teluk Bayur. Jika Anda akan berkunjung ke tempat ini, Anda bisa melihat penunjuk arah yang akan menunjukkan di mana pantai ini saat Anda berada di jalan menuju Teluk Bayur.

Di tempat tersebut, Anda bisa berfoto-foto sekaligus melihat berbagai souvenir unik yang bisa Anda temukan.

Pulau Cubadak

Jika Anda bertanya tentang salah satu wisata yang paling terkenal di Padang, maka Anda tidak bisa melewatkan tempat yang satu ini.

Apalagi bagi Anda yang sangat penasaran dengan dunia bawah laut, maka tempat ini adalah tempat yang wajib Anda kunjungi.

Tempat wisata ini berlokasi di Kawasan Mandeh dan memiliki banyak sekali keindahan alam yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati keindahan laut dengan cara menyewa Motor Boat, perahu dan bahkan memancing. Jika Anda tertarik, Anda juga bisa melakukan snorkling di tempat ini. Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai yang masih sangat jernih.

Pantai Nirwana Padang

Layaknya pantai-pantai lainnya, di tempat ini Anda juga bisa melihat keindahan alam pantai yang memang cenderung lebih bersih dibandingkan dengan tempat lainnya.

Jika Anda ingin menikmati santapan hangat sembari duduk di pinggir pantai, tempat ini pun menjadi tempat yang cocok untuk di kunjungi. Pantai ini terletak di pesisir selatan Padang.

Museum Adityawarman

Beralih dari wisata alam, kini saatnya kita mengenal salah satu wisata budaya atau sejarah Minang.

Museum Adityawarman merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Jl. Diponegoro no. 10, Padang, Sumatera Barat. Jika Anda ingin melihat-lihat, Anda bisa langsung mengunjungi tempat tersebut.

Menurut penuturan sejarah, tempat ini mulai dibangun pada tahun 1974. Setelahnya, tempat ini diresmikan pada 16 Maret 1977.

Nama Adityawarman sendiri tidak diberikan sejak awal pendirian tempat ini. Resminya, nama museum ini disematkan sejak tanggal 28 Mei 1979. Dari manakah nama Adityawarman berasal?

Nama museum ini diambil dari salah satu nama Raja yang pernah memimpin daerah Minangkabau pada masa Kerajaan Majapahit.

Di tempat yang merupakan museum kebudayaan ini, Anda bisa melihat berbagai koleksi budaya dan sejarah dari Minangkabau dan Nusantara.

Pulau Sikuai

Kembali ke wisata alam, Pulau Sikuai menjadi tempat yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya yang ada di Padang.

Karena suasananya yang begitu tenang, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang sedang berniat untuk menghindari keramaian.

Bahkan, katanya, tempat ini cocok untuk bulan madu bagi para pasangan baru, lho.

Miniatur Makkah

Bukan hanya wisata alam dan wisata budaya saja, di Padang Anda juga bisa menemukan tempat wisata religi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Tempat ini berada di Lubuk Minturun dan sesungguhnya merupakan sebuah asrama haji. Meskipun tempat ini merupakan sebuah proyek pribadi, Anda tetap bisa berkunjung ke tempat ini.

Pemandian Lubuk Minturun

Masih berada di dekat kawasan Makkah mini, Anda bisa menemukan tempat pemandian di daerah Lubuk Minturun.

Namun, tempat ini oleh warga sekitar lebih dikenal dengan nama Lubuk Camin.

Di tempat ini Anda bisa menemukan air terjun yang juga bisa dijadikan tempat pemandian oleh anak-anak muda.

Pantai Caroline Padang

Pantai ini merupakan pantai selanjutnya yang juga harus Anda kunjungi saat berada di Padang. Pantai ini berlokasi di Teluk Bungus. Letaknya kira-kira sekitar 25 km dari arah selatan kota Padang.

Untuk menuju ke tempat ini, Anda bisa menggunakan angkot dengan jurusan Bungus atau menggunakan taksi.

Sesampainya di tempat ini, Anda bisa melihat hamparan pasir putih yang indah. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai aktifitas khas pantai seperti menyewa motor boat dan bermain pasir. Anda juga bisa menaiki perahu nelayan untuk melihat pulau-pulau karang yang ada di sana.

Sitinjau Lauik Padang Scenic Point

Salah satu tempat favorit untuk melihat keindahan kota Padang adalah Sitinjau Lauik.

Tepatnya jika Anda berkunjung ke tempat ini di malam hari, maka Anda akan mendapatkan pemandangan malam Kota Padang dari ketinggian yang sangat indah.

Di tempat yang tepatnya berlokasi di antara lintas Padang-Solok ini, Anda tidak akan menyesal telah berkunjung, karena tempatnya benar-benar indah di malam hari.

Air Terjun Tiga Pangkat

Menurut penuturan para wisatawan yang sudah berkunjung ke Padang, tempat ini merupakan tempat wisata paling indah di Padang yang harus dikunjungi.

Di tempat ini, Anda bukan hanya bisa menemukan sebuah air terjun biasa, tetapi air terjun bertingkat. Hal ini membuat tempat wisata yang satu ini menjadi semakin menarik.

Anda juga bisa menikmati keasrian yang ada di sekitarnya. Hawa sejuk yang dihadirkan, dipadukan dengan keindahan air terjun yang bertingkat, tentunya akan membuat Anda semakin puas dengan wisata Anda. Jadi, siap berkunjung ke tempat ini?

Wisata Lembah Anai

Tempat wisata di Padang lainnya yaitu Lembah Anai. Tempat ini tidak berlokasi di pusat Kota Padang, melainkan berada di Jalan Raya Padang – Bukittinggi.

Anda bisa menemukan tempat ini saat Anda akan berkunjung ke bukit tinggi. Di tempat ini, Anda bisa berfoto-foto dengan latar belakang menarik khas Lembah Anai.

Demikian itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Padang. Setiap tempat wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

Untuk itu, pastikan untuk memilih tempat wisata yang sekiranya benar-benar ingin Anda kunjungi. Agar kunjungan Anda semakin berkesan, pastikan untuk mempersiapkan kunjungan Anda sebaik mungkin. Selamat berlibur!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *