Berbicara tentang tempat wisata di Pangandaran, selama ini Kabupaten di Jawa Barat ini memang terkenal memiliki sejuta pesona terutama untuk wisata pantainya. Namun selain itu, kota ini ternyata juga mempunyai segudang potensi alam yang mengesankan lho.

Pangandaran memiliki banyak tempat seru mulai dari situs bersejarah, situs budaya, air terjun hingga spot-spot foto kekinian.

Bagi Anda yang ingin berlibur di Pangandaran, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa dicoba.

Cukang Taneuh

Cukung Taneuh atau yang populer dikenal sebagai Green Canyon ini merupakan salah satu tempat wisata di Pangandaran yang cukup populer. Dengan bentangan alamnya yang begitu eksotis dan asri, tempat ini memang patut dikunjungi saat berlibur di kota ini.

Terlebih lagi bagi Anda yang gemar body rafting dan menyusuri jeram-jeram yang berada di antara tebing tinggi, maka tempat ini tak bisa dilewatkan.

Dikelilingi dengan pepohonannya yang rimbun, membuat siapapun akan betah berlama-lama menikmati suasana yang ada di tempat ini.

Lokasinya memang tersembunyi, namun suasana yang ditawarkannya begitu menawan.

Selengkapnya tentang Green Canyon, silakan baca di sini.

Pantai Pangandaran

Tak lengkap jika ke Pangandaran tanpa berkunjung ke wisata pantainya. Dapat dikatakan jika pantai ini adalah primadona wisata di Pangandaran. Lokasinya berada 92 km dari arah Ciamis.

Salah satu hal menarik di pantai ini adalah Anda dapat menikmati momen sunset dan sunrise nya yang begitu memukau mata siapapun yang memandangnya.

Selain itu, Anda juga bisa berenang dan bermain air dengan aman karena kondisi pantai yang cukup landai. Anda pun juga dapat menikmati keindahan taman lautnya yang begitu menawan.

Anda juga dapat bersantai sambil melihat pemandangan pasir pantainya yang putih dan bersih.

Tak perlu khawatir dengan akses menuju pantai Pangandaran ini karena jalannya sudah beraspal serta dilengkapi penerangan yang cukup baik.

Pantai Batu Karas

Tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk bisa menikmati ombak pantai sambil berada di atas papan selancar. Anda bisa mengunjungi wisata Pantai Batu Karas yang ada di Pangandaran ini.

Pantai ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang hobi berselancar. Kenapa lagi kalau bukan karena ombak yang disajikan di pantai ini begitu deras khas Laut Selatan.

Jadi jangan heran jika Anda bisa melihat banyak peselancar yang sedang menguji keterampilannya di atas ombak terutama saat sore hari menjelang.

Namun selain itu, keindahan yang ada di pantai ini juga tidak bisa dilewatkan begitu saja. Pantai Batu Karas memiliki pemandangan yang memesona dan daya tarik tersendiri.

Untuk fasilitas yang dibangun di tempat ini juga termasuk lengkap, mulai dari toilet, camping ground, hotel, tempat ibadah, persewaan ban, dan papan selancar.

Pantai Batu Hiu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kota Pangandaran memang memiliki banyak sekali wisata pantai-pantai yang menakjubkan.

Seperti halnya pantai Batu Hiu, yang lokasinya berada 14 km dari pusat kota Pangandaran. Keindahan panorama alam yang ada di tempat ini begitu indah.

Apalagi jika dilihat dari atas bukit kecil, Anda bisa melihat bagaimana birunya air laut dengan deburan ombak yang saling berkejaran.

Di atas bukit kecil ini, menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan Pantai Batu Hiu. Dan yang uniknya lagi adalah saat Anda menaiki ke atas bukit, Anda akan melewati “gerbang” seperti sebuah terowongan kecil yang bentuknya menyerupai ikan hiu.

Sesampainya di atas bukit, Anda akan dibuat takjub oleh pemandangan laut dari ketinggian, serta adanya batu karang lepas pantai yang bentuknya menyerupai sirip hiu.

Citumang Pangandaran

Jika Anda mencari tempat wisata di Pangandaran untuk menguji adrenalin Anda, maka kunjungi saja Citumang yang ada di Bojong, Parigi.

Bisa dikatakan ini menjadi salah satu tempat wisata Pangandaran yang cukup direkomendasikan jika Anda tertarik dengan wisata air yang berkonsep petualangan dan memacu adrenalin.

Citumang merupakan aliran sebuah sungai yang membelah hutan dan memiliki debit aliran cukup deras.

Meskipun begitu, aliran sungai ini masih sangat aman bagi pengunjung untuk bermain di dalamnya.

Jangan lewatkan untuk melakukan aktivitas body rafting saat berada di tempat wisata ini.

Apalagi dengan panorama alamnya yang luar biasa, sehingga Anda bisa menikmati aktivitas seru menjelajah aliran sungai sambil menikmati pemandangan di sekelilingnya yang begitu asri nan hijau.

Pantai pasir Putih

Wisata pantai lainnya yang wajib dikunjungi saat berada di Pangandaran adalah Pantai Pasir Putih.

Pantai cantik yang berada di sisi barat Pangandaran ini masuk ke dalam kawasan Cagar Alam Pananjung.

Jadi kondisi di sini masih sangat alami dan asri. Pemandangan alam serta nuansa yang ditawarkan memang sangat khas pantai selatan yang begitu eksotis.

Kealamian di tempat ini pun juga masih sangat terasa, Anda bisa menemukan banyak hewan-hewan liar yang ada di kawasan ini, seperti misalnya monyet ekor panjang.

Pantainya dihiasi pasir putih dan air lautnya yang begitu jernih, benar-benar memanjakan mata. Anda bisa melakukan banyak hal menarik di sini, mulai dari bersantai hingga snorkeling menyelusuri keindahan bawah lautnya.

Menariknya lagi, ada kapal karam di tempat ini yang sangat pas untuk menjadi spot selfie.

Curug Jambe Anom

Pangandaran juga memiliki wisata air terjun yang eksotis dan menawan untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Curug Jambe Anom, yang menjadi salah satu surga tersembunyi di Pangandaran.

Pemandangannya yang indah, hawa yang sejuk, serta suara gemercik yang jatuh benar-benar membuat tempat ini sangat pas untuk relaksasi dan melepas penat.

Lokasinya pun masih tersembunyi, sehingga menambah keeksotisan dari tempat ini. Anda bisa melihat pemandangannya yang masih sangat alami dengan warna hijau yang menghiasinya.

Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota membuat suasananya benar-benar terasa alami.

Curug Bojong

Wisata Pangandaran ini awalnya bernama Curug Sawangan. Namun banyak masyarakat setempat yang lebih mengenalnya sebagai Curug Bojong dikarenakan aliran sungainya berasal dari Kampung Bojong.

Jika Anda bertujuan untuk mengunjungi Curug Bojong ini, Anda dapat menggunakan jalur Babakan dan Sukahurip yang hanya sekitar 6 km saja.

Untuk menuju air terjun ini memang butuh usaha yang ekstra, karena jalanan menuju Curug Bojong belum diaspal.

Ada 3 cara jika Anda ingin mengunjungi Curug Bojong ini, Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, ataupun Anda bisa menggunakan sepeda dan hiking jika Anda ingin lebih menikmati suasana yang penuh petualangan.

Di Lokasi air terjun ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas, mulai dari mushola, ruang MCK, rest area, camping ground, jasa pemandu, sewa ban dan pelambung dan lainnya yang menjamin kenyamanan pengunjung.

Pantai Keusik Luhur

Lokasi pantai ini berada sekitar 15 km dari Green Canyon atau Cukang Taneuh. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, pantai Keusik Luhur ini dihiasi dengan pantai berpasir hitam namun pemandangan alam di sekitarnya tak perlu diragukan keindahannya.

Tempat ini memiliki pemandangan yang begitu menawan dan cocok untuk tempat berfoto. Perpaduan alam pegunungan serta air lautnya yang biru menjadi ciri khas yang bisa Anda lihat di Pantai Keusik Luhur ini.

Dari atas bukit di pantai ini, Anda dapat melihat bagaimana besarnya gulungan ombak yang menghantam karam.

Nama pantai “Keusik Luhur” sendiri mengambil dari latar belakang pantai, yaitu keusik yang berarti pasir dan luhur yang artinya tinggi.

Pantai ini memiliki bukit pasir dan pemandangannya yang masih alami. Namun sayangnya fasilitas publik yang tersedia memang belum begitu memadai.

Ditambah lagi dengan akses jalan menuju pantai ini yang belum begitu baik.

Oleh karenanya, kami lebih menyarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua yang memiliki tenaga besar dan mesin kuat.

Desa Wisata Selasari

Tempat wisata di pangandaran lainnya yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga adalah Desa Wisata Selasari yang menawarkan paket wisata lengkap.

Desa ini memiliki luas wilayah mencapai 1.935 hektar dan suhu udaranya yang sejuk skeitar 28 derajat celcius.

Tak hanya melihat pemandangan hamparan sawah yang hijau, namun Anda bisa mengunjungi banyak sekali gua-gua alami di tempat ini.

Wisata alam terbaru yang ada di Pangandaran ini pun juga menawarkan banyak aktivitas menarik seperti air terjun, jamuan khas desa, situs budaya, hingga body rafting.

Sangat cocok bukan untuk tempat berlibur bersama keluarga?

Santinah River Tubing

Jika Anda menyukai wisata air yang seru dan memacu adrenalin, Pangandaran punya salah satu tempat yang direkomendasikan yaitu Santinah River Tubing.

Di sini, Anda dapat merasakan bagaimana serunya bermain arung jeram. Namun uniknya, Anda tak akan menggunakan perahu karet, melainkan sebuah ban besar untuk menyelusuri derasnya aliran air sungai.

Anda bisa merasakan sensasi bermain air di antara arus serta bebatuan sungai yang cukup terjal.

Meskipun begitu, fasilitas yang diberikan tetap menjamin keamanan Anda selama bermain arung jeram.

Lokasinya sekitar 15 km dari pusat kota dan masih satu kawasan dengan Desa Wisata Selasari.

Pantai Karapyak

Pantai yang dihiasi pasir putih sepanjang 5 m ini juga patut Anda kunjungi saat bermain di Pangandaran. Pemandangan alamnya yang begitu menawan dilengkapi dengan gulungan ombak yang besar membuat suasananya begitu nyaman dan tenteram.

Karena ombaknya yang cukup besar, pantai ini memang tidak cocok untuk bermain air atau berenang.

Akan tetapi terdapat fenomena unik yang menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini. Yakni saat air sedang surut, Anda bisa menemukan taman laut yang dipenuhi dengan beragam biota laut unik yang ada di sepanjang pantai.

Lokasinya pun juga hanya sekitar 20 km dari kota Pangandaran. Namun sayangnya belum tersedia angkutan umum yang menuju pantai ini.

Sehingga, mau tidak mau Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Namun akses jalannya sudah sangat bagus dan dilengkapi dengan papan penunjuk jalan.

Pantai Saung Muara

Di pantai yang satu ini Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk berkemah bersama. pemandangan alamnya yang sangat indah, dengan udara yang sejuk serta hijaunya mangrove yang ada di sekelilingnya benar-benar membuat tempat ini damai dan tentram.

Di sini Anda pun juga dapat melihat pemandangan nelayan-nelayan yang sedang sibuk mencari ikan. Di Pantai Saung Muara ini, terdapat fasilitas mushola dan gazebo.

Wisatawan yang datang pun juga bisa berwisata kuliner karena banyak terdapat warung-warung yang menjajakan makanan di pinggiran pantai.

Menikmati sore hari sambil menunggu pemandangan matahari terbenam, Anda juga bisa menikmati BBQ bersama teman atau keluarga dan tentu saja ini akan jadi pengalaman yang tak terlupakan.

Pangandaran Water Park

Tempat wisata yang satu ini mungkin akan cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan anak-anak.

Tempat bermain ini cukup dekat dengan pantai Lembah Puteri dan berjarak 5km sebelum memasuki pintu Pantai Pangandaran

Akses menuju Pangandaran Water Park ini pun juga mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Papan penunjuk jalan pun juga sudah tersedia hingga menuju lokasi wisata.

Meskipun tergolong wisata yang cukup baru, namun waterpark ini menjadi tempat wisata menarik yang patut dikunjungi di Pangandaran. Tak sama seperti waterpark lainnya, Pangandaran Waterpark ini berada di pinggiran pantai Lembah Putri

Di sini ada beberapa kolam yang ditawarkan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Anda pun juga bisa mencoba menaiki ATV dan menikmati banyak hal seru di sini.

Goa Sumur Mudal

Tak hanya memiliki wisata pantai yang menawan saja, namun Pangandaran juga memiliki wisata gua alam yang juga banyak diminati wisatawan. Salah satunya yaitu Gua Sumur Mudal yang menawarkan suasana tak kalah menarik dengan wisata-wisata lainnya.

Nama gua ini sendiri dikarenakan dulunya terdapat mata air yang ada di dalam gua berbentuk sumur dengan air nya yang “mudal” atau mendidih. Goa ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata-wisata pecinta alam.

Untuk masalah fasilitas, Goa Sumur mudal sudah dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap seperti area parkir, kamar mandi, mushola, penginapan dan masih banyak lainnya.

Nah, itulah beberapa daftar tempat wisata di pangandaran yang bisa Anda coba. Anda bisa mengunjunginya bersama keluarga maupun teman untuk menghabiskan momen liburan bersama.

Jadi, tunggu apalagi? Rencanakan liburan Anda di Pangandaran bersama dengan orang-orang kesayangan dari sekarang.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *